Berita Banjarmasin

Pemko Dikejar Deadline Pembebasan Lahan Untuk Peningkatan Jembatan Alalak, Targetnya Akhir Bulan Ini

Pemerintah Kota Banjarmasin ditarget hingga bulan September untuk pembebasan lahan peningkatan Jembatan Alalak

Pemko Dikejar Deadline Pembebasan Lahan Untuk Peningkatan Jembatan Alalak, Targetnya Akhir Bulan Ini
Eka Pertiwi
Inilah Jembatan Alalak yang bakal dibangun menjadi jembatan cable stayed. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin ditarget hingga bulan September untuk pembebasan lahan  peningkatan Jembatan Alalak di Jalan Brigjen Hasan Basri.

Namun, hingga saat ini pemko masih melakukan pembebasan di kawasan itu. Pemerintah Kota Banjarmasin pun kejaer deadline pembebasan lahan untuk peningkatan Jembatan Alalak.

Untuk penghitungan harga (appraisal) dan jumlah persil sudah dihitung. Totalnya ada 41 persil.

Anggaran untuk pembebasan lahan pembangunan Jembatan Alalak tersebut sudah dianggarkan pada APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) murni 2018 sebesar Rp 21 miliar.

Baca: Harga Dollar Kian Melejit, Presiden Jokowi Sebutkan Dua Hal Untuk Meningkatkan Ekonomi Indonesia

Baca: Komentar Presiden Jokowi Soal Melemahnya Nilai Tukar Rupiah Sampai Sentuh 15 Ribu Per Dolar

Namun, anggaran itu hanya mampu membayar setengahnya saja dari total persil yang harus dibebaskan. Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Banjarmasin, Ahmad Fanani Syaifudin, mengatakan jika penambahan anggaran akan dilakukan dalam pembahasan APBD Perubahan ini.

Apalagi, DPRD Kota Banjarmasin masih membahas APBD Perubahan saat ini. Diperkirakan anggaran yang diperlukan sebesar Rp 15 miliar lagi. “Semuanya sudah, tinggal negosiasi dengan warga kemudian pembayaran. Semuanya akan dibayarkan. Kalau APBD Perubahan diketuk tentu pembayarannya akan bersamaan. Kalau pun beda tidak jauh,” ujarnya.

Jembatan yang menjadi penghubung antara Kota Banjarmasind an Kabupaten Baritokuala Banjarmasin (Batola) rencananya akan dikerjakan tahun ini pada bulan September. Namun, pembebasan lahan dari Banjarmasin belum dilakukan.

Baca: Harga Dollar Kian Melejit, Presiden Jokowi Sebutkan Dua Hal Untuk Meningkatkan Ekonomi Indonesia

Baca: Kabar Terbaru Ahok, Bakal Nikahi Polwan Mantan Ajudan Veronica Tan Setelah Bebas

Jembatan yang rencananya dibangun dengan konsep cable stayed ini bakal dibangun empat jalur.Rinciannya, dua untuk arah dalam kota dan dua menuju luar kota dengan lebar 20 meter. 

Panjang proyek jembatan satu kilometer. Terdiri dari 300 meter untuk badan jembatan, Peningkatan Jembatan Alalak ini diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp 290 miliar dengan pengerjaan secara multiyears dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sejak 2018 hingga 2020 mendatang. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help