Rupiah Anjlok

Rupiah Melemah Belum Berdampak Pada Harga Kendaraan Bermotor

NILAI tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat menyentuh rekor terendah sejak 20 tahun terakhir

Rupiah Melemah Belum Berdampak Pada Harga Kendaraan Bermotor
BPost Cetak
bpost

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - NILAI tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat menyentuh rekor terendah sejak 20 tahun terakhir dimana tercatat berada di level Rp 14.840 per Dolar, Jumat (31/8).

Meski nilai rupiah terus tertekan, namun belum berdampak berarti pada harga produk-produk otomotif umum kendaraan bermotor di Indonesia, termasuk Kalimantan Selatan.

Beberapa pengelola diler resmi kendaraan bermotor di Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng) mengungkapkan, harga jual kendaraan bermotor masih stabil.

Baca: Jokowi Diminta Mundur Jadi Presiden RI Karena Nilai Tukar (kurs) Rupiah Melemah, Ini Alasannya

Rahman Syaifuyllah, Branch Manager PT Delta Abadi Sentosa, Dealer Resmi Sepeda Motor Suzuki di Kalselteng, berujar, tak ada kenaikan harga pada unit-unit sepeda motor Suzuki.

"Harga untuk bulan ini tidak ada kenaikan, masih sama seperti bulan sebelumnya," jelas dia, akhir pekan tadi.

Menurut dia, selama ini faktor pelemahan nilai tukar rupiah jarang menjadi penyebab kenaikan harga jual sepeda motor Suzuki di Kalselteng.

Baca: Pembelaan Dul Jaelani Saat Mulan Jameela Diolok Ketika Maia Estianty dan Ahmad Dhani Bersama

Kenaikan harga kebanyakan dipengaruhi perubahan biaya pengurusan izin kendaraan di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

"Jika ada kenaikan biasanya kalau ada kenaikan biaya pengisian di Samsat. Di luar itu jarang ada kenaikan," kata Rahman.

Jika kenaikan harga disebabkan hal tersebut, tak hanya harga jual sepeda motor Suzuki tapi juga pada semua merek sepeda motor.

Baca: Respons Orang Dekat Gus Dur Soal Ustadz Abdul Somad yang Batal Ceramah karena Dugaan Intimidasi

Saat ini harga beberapa tipe sepeda motor Suzuki yaitu Nex II berada di harga Rp 15 juta hingga Rp 15,7 juta, Satria Rp 23,9 juta hingga Rp 24,35 juta, GSX R Rp 31,9 juta dan GSX S terbaru Rp 27,5 juta.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help