B Focus Kalteng

Sebut Karhutla Tamu Tahunan, Anggota Dewan Kapuas ini Puji Kerja Keras BPBD Tangani Kebakaran

BENCANA karhutla disebut tamu tahunan di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Sebut Karhutla Tamu Tahunan, Anggota Dewan Kapuas ini Puji Kerja Keras BPBD Tangani Kebakaran
BPost Cetak
bpost

BANJARMASINPOST.CO.ID, KAPUAS - BENCANA karhutla disebut tamu tahunan di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Hal ini sebagaimana yang diungkapkan Ketua Komisi I DPRD Kapuas, Darwandie, terkait peristiwa yang tidak pernah bisa dihentikan saat kemarau.

"Kenapa saya katakan karhutla itu tamu tahunan karena menjelang atau menyongsong musim kemarau, pasti terjadi karhutla," ucapnya.

Baca: Sosok Kartika Putri di Mata Putri Habib Usman bin Yahya, Mengaku Sayang Banget dengan Kartika

Dilanjutkannya, karhutla bisa terjadi karena faktor sengaja atau alam.

Namun dua hal ini kewenangan pihak terkait untuk mengungkapnya.

"Yang saya ketahui, dalam bulan lalu beberapa kali terjadi karhutla. Namun, Alhamdulillah, berkat kesigapan BPBD, TNI, Polri dan unsur lainnya, karhutla bisa diatasi," ungkapnya.

Baca: Kelakuan Vokalis Endank Soekamti Usai Pesawat yang Ditumpanginya Jatuh di Yogyakarta

Meski demikian, dari sisi pemerintahan, dirinya berharap tentu saja melalui sektor terkait agar lebih sigap memperhatikan tamu tahunan ini.

"Jangan sampai karhutla menimbulkan dampak hingga mengganggu aktivitas masyarakat dan jangan sampai terjadi pencemaran udara," harapnya.

Beberapa kejadian karhutla yang terjadi hingga akhir Agustus tadi, hendaknya terus dijadikan perhatian akan kesiapan menghadapi karhutla yang semua tahu adalah tamu tahunan.

Baca: Respons Orang Dekat Gus Dur Soal Ustadz Abdul Somad yang Batal Ceramah karena Dugaan Intimidasi

"Semua harus siap dalam menyambut tamu tahunan ini, bersama mengantisipasi jangan sampai terjadi kejadian besar dan berdampak kepada masyarakat," pintanya pula.

Daerah hendaknya tetap konsisten untuk mendukung BPBD, baik itu dukungan anggaran, agar mereka maksimal menjalankan tugasnya.

“Saya pun melihat pos karhutla ada dimana-mana, siang dan malam anggotanya bekerja. Tentu sangat perlu didukung anggaran," paparnya.

Kerja keras BPBD Kabupaten Kapuas, TNI, Polri dan unsur lainnya yang terlibat patut kiranya diapresiasi sebagai penyemangat.

"Meski beberapa kali karhutla di Kapuas, namun semua bisa ditangani dengan baik. Buktinya, tak ada kabut asap di Kabupaten Kapuas. Sementara di daerah lainnya, mulai terjadi kabut. Ini tentu adalah kerja keras yang komitmen dari BPBD, TNI, Polri dan unsur terkait lainnya," pungkas Darwandie.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help