Rupiah Anjlok

Tiket Pesawat ke Dua Negara ini Ikut Naik Imbas Melemahnya Rupiah

MAKIN luas, dampak pelemahan nilai tukar rupiah memangaruhi banyak sektor bisnis para pengusaha lokal Kalimantan Selatan

Tiket Pesawat ke Dua Negara ini Ikut Naik Imbas Melemahnya Rupiah
BPost Cetak
bpost

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - MAKIN luas, dampak pelemahan nilai tukar rupiah memangaruhi banyak sektor bisnis para pengusaha lokal Kalimantan Selatan yang bergerak di bidang biro perjalanan dan wisata.

Dampak pelemahan nilai mata uang rupiah khususnya paling dirasakan pada faktor harga tiket penerbangan untuk destinasi ke luar negeri.

Kata Mahdi, pemilik Biro Perjalanan Itsralptour di Banjarbaru, kenaikan harga tiket pesawat ke beberapa tujuan seperti Singapura dan Malaysia akibat pelemahan nilai tukar rupiah.

Baca: Kartika Putri Dipanggil Begini Oleh Putri Habib Usman bin Yahya, Ada Postingan Foto Kebersamaan

"Tujuan ke Singapura pulang pergi jadi Rp 3 jutaan dan ke Malaysia pulang pergi jadi Rp 2 jutaan," kata Mahdi.

Menekan pengaruh kenaikan harga tiket penerbangan di sisi konsumen, Mahdi mengaku menyiasati dengan menyesuaikan jadwal keberangkatan hindari peak season agar total biaya perjalanan tidak membengkak.

Untuk destinasi liburan ke Singapura, dia juga tawarkan alternatif rute keberangkatan via Batam untuk menghemat biaya di aspek transportasi.

Baca: Pembelaan Dul Jaelani Saat Mulan Jameela Diolok Ketika Maia Estianty dan Ahmad Dhani Bersama

"Ke Singapura kalau melalui Batam bisa Rp 2 jutaan, lebih murah dibanding penerbangan langsung," kata Mahdi.

Disebutkan dia, paket wisata dengan destinasi menggunakan mata uang dolar Singapura berpotensi alami kenaikan harga paket, karena nilai tukar rupiah terhadap dolar Singapura melemah.

Tercatat nilai tukar rupiah terhadap mata uang Kota Singa ini berada di level Rp 10.744 per dolar Singapura melemah 49,24 poin atau 0,46 persen, Selasa (4/9).

Baca: Jokowi Diminta Mundur Jadi Presiden RI Karena Nilai Tukar (kurs) Rupiah Melemah, Ini Alasannya

Sedangkan dari sisi akomodasi, kontrak kerjasama tahunan yang dijalin Itsralptour dengan vendor-vendornya di luar negeri selamatkan konsumennya dari kenaikan harga paket akibat akomodasi.

"Kami kontrak per satu tahun dengan vendor dengan patokan Rp 15 ribu per dolar, jadi selama masih kontrak belum naik," kata Mahdi.

Namun jika kontrak akan habis dan diperbaharui atau sdolar menembus level di atas Rp 15 ribu, Mahdi memprediksi hal itu bisa berpengaruh pada kenaikan harga paket liburan ke luar negeri.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help