Kriminalitas Kotabaru

Waris Tak Sadar Diintai Selama Sebulan, Lalu Diringkus karena Edarkan Barang Haram Ini

Tak ayal, karena ulahnya tidak pernah sadar. Warga jalan Agus Salim, Desa Rampa, Kecamatan Pulau Sebuku ini kembali harus berurusan dengan aparat

Waris Tak Sadar Diintai Selama Sebulan, Lalu Diringkus karena Edarkan Barang Haram Ini
Istimewa
Abdul Waris kembali ringkus anggota Polsek Pulau Sebuku karena mengedarkan sabu-sabu dan zenith 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Empat kali berurusan dengan aparat penegak hukum, bahkan hingga berujung penjara. Tidak membuat Abdul Waris (48) kapok.

Ia kembali berulah dengan mengedarkan narkotika dan obat-obatan.

Tak ayal, karena ulahnya tidak pernah sadar. Warga jalan Agus Salim, Desa Rampa, Kecamatan Pulau Sebuku ini kembali harus berurusan dengan aparat Kepolisian Sektor (Polsek) Pulau Sebuku.

Baca: Puluhan Santriwati Banjarbaru Terserang Campak Rubella, Dikarantina Sampai Dilarang Bertemu Temannya

Waris tidak bisa berkelit saat diringkus anggota reskrim Polsek Pulau Sebuku, Sabtu (1/9/2018) lalu. Karena saat dilakukan penggeledahan ditemukan ratusan butir pil Carnophen alias Zenit.

Tidak hanya itu, selain mendapatkan zenith sebanyak 530 butir yang dibungkus plastik klip, siap edar. Anggota reskrim yang dipimpin langsung Kapolsek Iptu Sahropi sontak dibuat kaget.

Baca: Maia Estianty dan Mulan Jameela Terlihat Ngobrol di Ultah Al, Ahmad Dhani : Maia Mau Berhijab

Saat penggeledahan tas pelaku, juga ditemukan 14 paket atau seberat 6 gram diduga narkotika jenis sabu-sabu serta barang bukti pendukung lainnya.

Kapolres Kotabaru AKBP Suhasto MH Sik melalui Kapoksek Pulau Sebuku Iptu Sahropi membenarkan, pelaku pernah empat kali ditangkap dalam kasus yang sama.

Menurut Sahropi, penangkapan pelaku berawal pada Sabtu (1/9/2018) sekitar pukul 07.00 wita di jalan Agus Salim, Desa Rampa, RT 01, Pulau Sebuku anggota mengamankan Herman alias Emang dalam keadaan mabuk.

Baca: Jadwal & Klasemen MotoGP 2018 Jelang Sirkuit Misano, GP Meksiko dan Finlandia Resmi Dibatalkan

Dilakukan penggeledahan, ditemukan 10 butir zenith di saku celana yang diakui Emang, barang tersebut dibeli dari pelaku Abdul Waris.

"Kemudian dilakukan pengembangan dan penangkapan. Saat digeledah di rumah tersangka Waris, petugas menemukan semua barang bukti tersebut," ujar Sahropi kepada banjarmasinpost.co.id, Rabu (5/9/2018).

Tersangka yang saat itu tidak bisa berkelit, beserta barang bukti langsung digelandang ke Polsek Pulau Sebuku guna proses lebih lanjut.

Baca: Jokowi Diminta Mundur Jadi Presiden RI Karena Nilai Tukar (kurs) Rupiah Melemah, Ini Alasannya

Sahropi menambahkan, sebelum diringkus. Pihaknya sudah mengintai pelaku selama sebulan setelah adanya informasi masyarakat peredaran narkotika dilakukan tersangka.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dua pasal. Setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan narkotika golongan 1 bukan tanaman lebih dari 5 gram melanggar Pasal 112 ayat 2 UU RI No.35 thn 2009.

Dan, setiap orang yang dengan sengaja mengedarkan sediaan farmasi yang tidak memiliki ijin edar melanggar pasal 196 Jo pasal 98 dan pasal 106 UU RI No 36 tahun 2009 tentang kesehatan.

(BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved