Pelemahan Rupiah Terhadap Dollar AS

Money Changer di Kota Banjarmasin : Yang Jual Dollar AS dan Beli Berimbang

penukaran rupiah masih seperti biasa tidak ada kenaikan atau penurunan rata-raya perhari sekitar 5 ribu USD aktivitas jual beli.

Money Changer di Kota Banjarmasin : Yang Jual Dollar AS dan Beli Berimbang
Banjarmasinpost 06 09 2018 A 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Nilai tukar Rupiah terhadap mata uang Dollar AS terus melemah, sedangkan aktivitas transaksi penukaran mata uang atau money changer di Kota Banjarmasin masih seperti biasa pada Rabu (5/9).

Seperti di Money Changer PT Riyal Valasindo Utama, di Jalan Mayjen\ Sutoyo S Banjarmasin, transaksi penjualan atau pembelian bisa dikatakan stabil.

Yuna, petugas Money Change PT Riyal Valasindo Utama, mengutarakan, transaksi penukaran uang di tempatnya masih stabil.

"Penukaran masih seperti biasanya, sekitar 30 orang per hari, tapi kalau jual beli emas cendurung turun, karena kalau mau beli menunggu turun, dan kalau jual memperkirakan mungkin naik lagi," ujarnya.

Baca: Eksportir di Kalsel Nikmati Kenaikan Pendapatan, Gapki Genjot Ekspor Olahan Sawit

Baca: Petambak Kotabaru Tak Nikmati Untung Dollar, Justru Cemas Harga Kebutuhan Pokok Ikut Naik

Baca: Eksportir Perikanan Kalsel Sebut Pelemahan Rupiah Tak Pengaruhi Penjualan

Dia menyebut, penukaran rupiah masih seperti biasa tidak ada kenaikan atau penurunan rata-raya perhari sekitar 5 ribu USD aktivitas jual beli.

"Kurs terhadap mata uang Paman Sam untuk hari Rabu (5/9/) pukul 14.40 Wita, jual Rp 15.100 dan kurs beli Rp 14.900. Sedangkan dolar Singapura jual Rp 10.900 beli Rp 10.700," terangnya.

Masih kata Yusna, terhitung sejak kemarin dan hari ini nilai kurs dolar Amerika terhadap rupiah meningkat lebih dari 100 poin. Dalam sehari rata-rata yang melakukan transaksi di tempatnya antara 20 sampai 30 orang.

Berbeda dengan di Money Changer PT Riyal Valasindo Utama, transaksi di PT Haji La Tunrung cendurung banyak yang menjual dolar.

Kata Jumriati, pegawai PT Haji La Tunrung, transaksi lebih banyak yang menjual karena nilai dolla AS terhadap rupiah naik. "Kalau nilainya naik pasti masyarakat banyak jual, tapi hari ini yang beli banyak juga," ujarnya.

Harga jual rupiah terhadap USD di tempatnya Rp 15.168, sedangkan beli Rp 14.760.
Dia menambahkan selain mata uang Paman Sam yang juga ramai ditukarkan adalah mata uang dolar Singapor.

Baca: Gapki Kalsel: 20 Persen Dollar AS Dana Ekspor Buat Bayar Utang, Sisanya Dikonversi ke Rupiah

Baca: Pengusaha Tambang Kalsel Siap Simpan Rupiah, Lakukan Penarikan Dana Hasil Ekspor

Baca: Rupiah Melorot ke Level Psikologis Rp 15 Ribu, Terungkap Fakta & Ini 5 Penyebabnya

Muhammad, salah nasabah yang siang itu membeli dolar di Money Changer PT Haji La Tunrung, Muhammad mengaku khawatir terhadap nilai dolar yang semakin meningkat terhadap rupiah. "Sebagai warga Indonesia jelas semakin khawatir karena rupiah dinilai orang tambah kecil dan lemah," ucapnya.

Dia terpaksa membeli uang dolar karena keperluan yang mendesak. "Mau tidak mau saya tetap beli, karena keperluan," pungkasnya. (acm/mau)

 Baca lebih lengkap di Harian Banjarmasin Post Edisi Cetak dan ePapar Kamis (6/9/2018)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved