Berita Balangan

Pemilu OSIS, Mengajarkan Siswa SMAN 1 Juai Bagaimana Cara Berdemokrasi

Diketahui proses yang dilalui oleh para calon pemimpin siswa selama 1 tahun ini cukup panjang, yakni dari 19 Juli 2018

Pemilu OSIS, Mengajarkan Siswa SMAN 1 Juai Bagaimana Cara Berdemokrasi
elhami
Suasana pemilu OSIS di SMAN 1 Juai, kemarin Selasa (4/9/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Seolah sebagai pemanasan dalam rangka Pilpres 2019, seluruh siswa SMAN 1 Juai, Kabupaten Balangan juga melaksanakan pesta demokrasi tingkat sekolah, yakni Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMAN 1 Juai masa bakti 2018/ 2019.

Diketahui proses yang dilalui oleh para calon pemimpin siswa selama 1 tahun ini cukup panjang, yakni dari tanggal 19 Juli 2018 harus mendaftarkan diri dan bersedia mengikuti seleksi wawancara dan bakat, sehingga jika lulus maka bisa terdaftar sebagai calon pengurus OSIS.

Baca: Puluhan Santriwati Banjarbaru Terserang Campak Rubella, Dikarantina Sampai Dilarang Bertemu Temannya

Setelah itu, seluruh calon pengurus OSIS mengikuti pendidikan dan pelatihan indoor yang kemarin dilaksanakan selama 1 hari untuk pembekalan dan 1 hari pelaksanaan yakni pada 4 - 5 Agustus 2018 di SMAN 1 Juai dengan berbagai materi yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi seorang calon pemimpin secara personal.

Setelah diklat indoor ini, maka mulai terlihat keberanian dan kemampuan para calon pengurus OSIS, dan akhirnya pada tahun 2018 ini, terdapat 3 pasangan calon yang bersaing, yakni nomor urut 1 atas nama Wahyudi dan M. Munadi Hasan, nomor urut 2 atas nama A. Hafizd Ansari dan nomor urut 3 Julia Puteri dan Nafi Nor Khoiriyah.

Baca: Puluhan Santriwati di Banjarbaru Positif Terserang Campak Rubella, Dikarantinanya Cuma di Sekolah

Senin, 3 September 2018 para calon terlebih dulu melaksanakan kampanye terbuka dihadapan seluruh siswa dan guru. Dan akhirnya, Selasa 4 September 2018 dengan sistem pemilihan langsung, umum, bebas dan rahasia serta dilaksanakan pemilu, dengan suasana layaknya seperti pemilukada dengan adanya bilik suara, kertas surat suara, alur pencoblosan, tinta sebagai tanda bekas coblos dan berbagai atribut pemilu lainnya.

Diakhir perhitungan pasangan nomor urut 1 berhasil menjadi ketua dan wakil ketua OSIS SMAN 1 Juai masa bakti 2018/ 2019.

Baca: Ternyata Pengelola Akun Publik Medsos IG dan Fb Cakep-cakep, Ini Penampakannya

Kepada banjarmasinpost.co.id, Pembina OSIS SMAN 1 Juai, Erna Novitasari mengaku senang bahwa pemilihan bisa berjalan tertib dan lancar.

Ia berharap ditangan pemimpin baru maka OSIS Smansaju akan makin aktif, produktif dan manfaat.

"Kita sudah menseleksi para calon, makanya para kandidat ini adalah siswa terbaik dan berprestasi yang pantas menjadi pemimpin OSIS masa bakti 2018/ 2019," ujarnya.

Sehingga pasangan manapun yang akan memimpin, Insya Allah adalah pasangan yang sudah teruji.

Sedang Norparidah, selaku Kepala SMAN 1 Juai mengatakan, proses pemilu yang dilaksanakan oleh siswa SMAN 1 Juai ini merupakan miniatur pemilu di Indonesia baik pemilukada maupun pilpres, sehingga tentu ini merupakan proses pembelajaran demokrasi yang real dan nyata bagi anak kami.

"Dan setelah kepengurusan ini terbentuk, kami berharap seluruh calon pengurus OSIS SMAN 1 Juai bisa mengikuti Diklat Outdoor di Tanjung Puri nantinya pada tanggal 10 - 11 September 2018 dalam rangka lebih meningkatkan kompetensi kepemimpinan dan kekompakan tim sebelum mereka dilantik dan mulai berkarya nantinya," pungkasnya.(banjarmasinpost.co.id/muhammad elhami)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved