Pelemahan Rupiah Terhadap Dollar AS

Petambak Kotabaru Tak Nikmati Untung Dollar, Justru Cemas Harga Kebutuhan Pokok Ikut Naik

Nelayan pemilik tambak udang di Kotabaru, Kalsel, juga tidak merasakan kenikmatan dari kenaikan nilai tukar dollar AS atas rupiah.

Petambak Kotabaru Tak Nikmati Untung Dollar, Justru Cemas Harga Kebutuhan Pokok Ikut Naik
Halaman 1 Harian Banjarmasin Post Edisi Kamis (6/9/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Tidak berbeda dengan para pengusaha eksportir perikanan, para nelayan pemilik tambak udang di Kotabaru, Kalsel, juga tidak merasakan kenikmatan dari kenaikan nilai tukar dollar AS atas rupiah.

Sejumlah petambak di Desa Rampa, Kotabaru justru cemas naiknya harga kebutuhan pokok naik imbas melemahnya nilai tukar rupiah atas dollar AS.

"Ya, biasanya seperti itu. Dolar naik, harga barang kebutuhan ikut naik," ucap Taufik, salah satu nelayan BPost, kemarin.

Terpisah, Mahyudiansyah, Kadis Perdagangan dan Pasar Kotabaru mengatakan, secara teori ekonomi melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar menguntungkan perusahaan eksportir.

Baca: Eksportir Perikanan Kalsel Sebut Pelemahan Rupiah Tak Pengaruhi Penjualan

Baca: Gapki Kalsel: 20 Persen Dollar AS Dana Ekspor Buat Bayar Utang, Sisanya Dikonversi ke Rupiah

Baca: Pengusaha Tambang Kalsel Siap Simpan Rupiah, Lakukan Penarikan Dana Hasil Ekspor

Namun, sebut dia, keuntungan itu hanya terjadi untuk jangka pendek, dan tidak menguntungkan terjadi secara jangka panjang.

Logikanya, begini, kata Mahudiansyah, “misalnya perusahaan sebagian bahan baku berasal dari impor, otomatis biaya produksi naik. Harga jual konsumen juga naik."

Banjarmasinpost 06 09 2018 A
Banjarmasinpost 06 09 2018 A ()

Para petani tambak udang di Kabupaten Tanahbumbu turut berharap kenaikan nilai tukar dollar bisa membuat kenaikan harga penjualan undang ekspor tidak turun.

Rusdi, petambak undang di Desa Sepunggur, Kusan Hilir, Tanahbumbu, mengaku sejauh ini naiknya nilai dolar AS tidak memiliki pengaruh besar. "Biasanya bila dollar naik, harga akan ikut naik pula,tapi ini tidak. Harga masih tetap tidak ada perubahan,” ungkapnya. (sah/hid)

Baca lebih lengkap di Harian Banjarmasin Post Edisi Cetak dan ePapar Kamis (6/9/2018)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help