Berita Banjarmasin

Tukang Parkir Pun Terganggu Bau Sungai A Yani Banjarmasin, Begini Kondisinya

Sungai A Yani semakin bau, bahkan baunya mirip comberan. Padahal, tahun lalu, kawasan ini sudah dikeruk untuk dibersihkan.

Tukang Parkir Pun Terganggu Bau Sungai A Yani Banjarmasin, Begini Kondisinya
banjarmasin post group/ eka pertiwi
Kondisi Sungai A Yani di Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN – Sungai A Yani semakin bau, bahkan baunya mirip comberan. Padahal, tahun lalu, kawasan ini sudah dikeruk untuk dibersihkan.

Udin, juru parkir di kawasan A Yani, mengaku sudah terbiasa dengan aroma menyengat seperti saat ini. Menurutnya, bau ini berasal dari Sungai A Yani yang mampet.  Apalagi, sungai A Yani tidak mengalir. “Airnya terkumpul di situ saja,” katanya.

Terlebih, di sana banyak sampah dan endapan lumpur. Ia mengaku sering ikut membersihkan lumpur di sana untuk mengurangi bau. “Bau tidak sedap sudah beberapa hari ini. Kalau airnya surut paling parah baunya. Kalau airnya dalam bau tapi tidak separah seperti sekarang ini,” katanya.

Baca: Kurs Dolar ke Rupiah Naik, Orangtua di Banjarmasin yang Sekolahkan Anak di Luar Negeri Khawatir

Dibeberkannya, jika dalam air hanya berwarna keruh kehitaman bercampur lumpur. Ia menduga banyaknya pedagang di kawasan tersebut membuat baunya semakin tak karuan. “Limbahnya dibuang ke sungai,” jelasnya.

Purwanti warga A Yani km 5, mengaku sering melintasi kawasan A Yani. Apalagi, jika ia berbelanja ke pasar. Menurutnya, bau tak sedap dari sungai A Yani sudah sangat parah. “Bau sekali,” katanya.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Banjarmasin, Joko Pitoyo mengatakan selalu rutin membersihkan kawasan sungai A Yani dengan petugas harian di kawaan tersebut.  

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Live Streaming Persija vs Selangor FA via Link Youtube dan Facebook

Bahkan, untuk memperlancar aliran sungai A Yani, pihaknya juga sudah melakukan pengerukan sungai Kuripan ke arah Sungai Veteran.

“Ke depan kami berencana untuk membangun jaringan limbah dengan sistem perpipaan di kawsan tersebut. Sehingga mengurangi dampak adanya pembuangan limbah di sungai,” jelasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Mukhyar mengatakan jika bau tidak sedap berasal dari drainase yang tidak berfungsi di sana. “Nanti kami akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang untuk mengatasi bau di sungai A Yani,” tuntasnya. (banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help