Berita Kalteng

Ada Tiga Opsi Pembangunan Jalan Bukitrawi Hindari Banjir, Komisi V DPR RI ke Kalteng

Jalan rawan Banjir Desa Bukitrawi, Kabupaten Pulangpisau, Kalimantan Tengah, yang selalu terjadi saat musim penghujan

Ada Tiga Opsi Pembangunan Jalan Bukitrawi Hindari Banjir, Komisi V DPR RI ke Kalteng
tribunkalteng.co/fathurahman
Komisi V DPR RI saat melalukan pemantauan jalan Bukit Rawi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Jalan rawan Banjir Desa Bukitrawi, Kabupaten Pulangpisau, Kalimantan Tengah, yang selalu terjadi saat musim penghujan, Jumat (7/9/2018) dikunjungi Komisi V DPR-RI untuk memantau secara langsung kondisi jalan.

Sejumlah Anggota DPR RI dari Komisi V, menantau jalan bersama Kepala Dinas PUPR Kalimantan Tengah, Salahuddin, serta Timbul Manahan Pasaribu, Kepala BBPJN XI Banjarmasin (Kalbar – Kalteng- Kalsel) memantau jalan.

Dalam kunjungan untuk prapenanganan banjir Bukitrawi pada ruas jalan Nasional Kalteng penghubung Kota Palangkaraya menuju Bagugus, Kapuas tersebut, rombongan memantau jalan rawan banjir sejauh lima kilometer dan tiga kilometer jalan yang paling rawan banjirnya.

Baca: Kartika Putri Mengaku Hampir Blokir Nomor Habib Usman bin Yahya Karena Selalu Memarahinya

Dalam kesempatan itu, Timbul Manahan Pasaribu, Kepala BBPJN XI Banjarmasin (Kalbar – Kalteng- Kalsel) mengatakan, ada tiga alternatif dalam penanganan jalan tersebut yakni, menggunakan pola timbunan ringan mortar-busa dan geotekstile serta cerucuk.

Selain itu, ada juga tipe timbunan pilihan, geotekstile dan cerucuk dan yang terakhir adalah Pile Slab yang selama ini dipakai untuk pembangunan jalan rawan banjir di Tumbang Nusa Pulang Pisau penghubung jalan Palangkaraya- Banjarmasin.

Baca: Menang di Pengadilan Kriss Hatta Mengaku Akan Segera Ceraikan Pacar Billy Syahputra, Hilda Vitria

"Tiga alternatif itu yang masih kami kaji untuk pembangunan Jalan Bukit Rawi yang menghubungkan Palangkaraya dan kabupaten lainnya di DAS Barito.Tentu, Kami akan mencari yang tepat dan hemat untuk pembangunanya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Rombongan Komisi V DPR RI, Anton Surato, mengatakan, pihaknya masih menunggu pengkajian yang dilakukan oleh tim teknis pembangunan jalan itu, namun dana memang sudah siap hingga mencapai Rp300 miliar untuk pembangunan jalan sejauh 3,1 km.

Baca: Jadwal Puasa Bulan 9 & 10 Muharram, Ini Niat dan Keutamaan Puasa Tasu’a dan Asyura

Sementara itu, Kepala PUPR Kalteng Salahuddin, mengatakan, pengajuan dana untuk pembangunan jalan sudah masuk ke komisi terkait di DPR-RI.

"Yang diperlukan mencapai Rp300-400 miliar untuk penanganan sejauh 3,1 kilometer, kami berharap pembangunan jalan dengan pile slab atau jalan layang,"ujarnya.

www. banjarmasinpost.co.id/faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved