Berita Hulu Sungai Utara

Camat Berharap Jalan Menuju Pawalutan Diperbaiki

Desa Pawalutan Kecamatan Banjang memang berada cukup jauh dari pusat kecamatan. Akses menuju ke desa itu cukup sulit.

Camat Berharap Jalan Menuju Pawalutan Diperbaiki
istimewa/kiriman Camat Banjang
Jalan Pawalutan saat musim penghujan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Desa Pawalutan Kecamatan Banjang memang berada cukup jauh dari pusat kecamatan. Jika ingin mengunjungi Desa Pawalutan dari pusat kota kecamatan Banjang memang cukup sulit.

Terdapat satu jalan yang lebih dekat namun sayangnya kondisinya masih berupa jalan tanah. Sulit dilalui oleh kendaraan roda dua apalagi kendaraan roda empat. Kondisi ini semakin parah saat musim penghujan karena jalanan menjadi sangat becek.

Baca: Ustadz Abdul Somad Kritisi Dakwah yang Mengkritisi, Harusnya Mengajak dan Merangkul

Camat Banjang Rusmadi Juriani mengatakan jalan dari Desa Pulau Damar menuju Desa Pawalutan memang masih sulit untuk dilintasi. Kecuali saat musim kemarau, sedangkan pada musim penghujan jalan akan berubah seperti kubangan lumpur.

Rusmadi menambahkan saat ini masih banyak warga yang menggunakan jalan tersebut untuk menuju Desa Pawalutan. Di Desa Pawalutan terdapat Sekolah Dasar dan SMP yang beberapa gurunya tinggal di Desa Banjang.

Baca: Hasil Latihan Bebas (FP) 1 MotoGP San Marino 2018 Sirkuit Misano Italia - Dovizioso Tercepat, Rossi?

Para guru biasanya melintasi jalan tersebut saat tidak hujan, karena saat basah jalan tersebut sulit untuk dilewati. "Beberapa warga memang ada yang mengeluhkan langsung kepihak kecamatan berharap jalan tersebut diperbaiki, sudah kami masukkanbdalam Musrenbang. Namun karena jalan tersebut termasuk jalan Provinsi yang menghubungkan Kabupaten HSU dan HST maka pemerintah daerah tak bisa menggunakan APBD," ujarnya.

Dan saat ini secara bertahap perbaikan jalan mulai dilakukan, mulai dari jalan di depan kantor kecamatan. Perbaikan jalan dimulai dengan semen beton, mengingat jalan tersebut sering terendam air saat musim penghujan akibat luapan sungai Balangan.

Baca: Penuhi Persyaratan Pendaftaran CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id, Ini Situs Resmi Latihan Soal CPNS

Rahmat salah satu warga sekitar mengatakan dirinya memiliki keluarga yang berada di Desa Pawalutan, untuk mengunjunginya dirinya lebih memilih untuk lewat Balangan. "Lebih jauh dan lebih lama memang tapi jalannya tidak rusak," ujarnya.

Dirinya berharap jalan tersebut bisa segera diperbaiki agar lebih dekat mencapai desa Pawalutan. Selain itu juga membantu membuka kawasan pemukiman. Jika jalan sudah diperbaiki jelas akan banyak warga yang ingin membangun rumah di daerah tersebut.

(banjarmasinpost.co.id/ reni kurnia wati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help