Berita Kabupaten Banjar

Warga Sungaituan Ulu Dapatkan 1.200 Bibit Tanaman Buah Secara Gratis dari LIPI

LIPI membagikan 1.200 bibit tanaman buah durian, kelengkeng, dan mangga kepada sejumlah warga Desa Sungaituan Ulu Astambul

Warga Sungaituan Ulu Dapatkan 1.200 Bibit Tanaman Buah Secara Gratis dari LIPI
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Plt Kepala Pusat Inovasi LIPI, Ragil Yoga Edi bersama Anggota Komisi VII DPR RI, Drs H M Dardianysah memperlihatkan bibit tanaman buah yang dibagikan ke masyarakat Desa Sungaituan Ulu, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar, Sabtu 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membagikan 1.200 bibit tanaman buah durian, kelengkeng, dan mangga kepada sejumlah warga Desa Sungaituan Ulu, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar, Sabtu (8/9/2018).

Acara yang berlangsung di samping Kantor Balai Desa Sungaituan Ulu itu dihadiri pula oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Masruri. Bahkan terlihat pula sebagai mitrakerja, yakni Anggota Komisi VII DPR RI, Drs H M Dardianysah. Selain itu juga turun langsung ke lokasi,  Plt Kepala Pusat Inovasi LIPI, Ragil Yoga Edi.

Puluhan masyarakat Desa Sungaituan Ulu terlihat antusias mengikuti acara tersebut. Bahkan ikhlas meninggalkan kerjaannya hanya untuk mendapatkan pengetahuan melalui sosialisasi yang disampaikan oleh LIPI.

Warga Sungaituan Ulu, Sirajudin mengatakan ia tidak bertani khusus untuk mendapatkan pengetahuan tentang pembuatan produk local.

Baca: Segini Gaji yang Bakal Kamu Terima Bila Jadi PNS pada Penerimaan CPNS 2018, Ini Daftar Gajinya

Baca: Ekspresi Putra Hotman Paris Saat Diajak Party di Kolam Renang oleh sang Ayah, Awalnya Malu-malu

Baca: Hotman Paris Berani Tanyakan Isu Anggita Sari Berhubungan Intim dengan Freddy Budiman di Sofa Rutan

Selain itu adanya pemberian materi tentang potensi pengembangan budidaya tanaman durian, kelengkeng, mangga dan pala dalam meningkatkan perekonomian di Kabupaten Banjar.

“Selesai acara ini, Alhamdulillah saya mengetahui cara merawat buah-buahan. Khususnya durian, mangga dan lengkeng. Terlebih wilayah kami orangnya rata-rata berkebun. Kebun jeruk,” cerita lelaki itu.

Potensi perkebunan buah di Desa Sungaituan Ulu diakui pula oleh Anggota Komisi VII DPR RI, Drs H M Dardiansyah. Ia mengatakan Desa Sungaituan Ulu memang berpotensi untuk tanaman sejenis durian, mangga dan kelengkeng. Sehingga para masyarakatnya menjadi sasaran tepat untuk pembudidayaan tanaman tersebut.

“Kawasan di sini tanahnya bagus, masih hutan, tanahnya juga subur dan hampir rata-rata masyarakatnya berkebun buah,” ungkap Dardiansyah.

Baca: Hasil Latihan Bebas (FP) 3 MotoGP San Marino 2018 Italia, Zarco Terdepan, Rossi Tercecer

Baca: MotoGP San Marino 2018, Lorenzo Minta Marc Marquez Jangan Pedulikan Sikap Valentino Rossi

Baca: Head to Head & Prediksi Skor Inggris vs Spanyol di UEFA Nations League Live Supersoccer.tv

Selain pembagian bibit tanaman, lelaki itu menyampaikan pihaknya akan terus memonitor perkembangan dari kegiatan diseminasi ilmu pengetahuan dan tekhnologi LIPI tentang pemanfaatan dan penerapan IPTEK untuk masyarakat tersebut. Kemudian langkah selanjutnya, masyarakat pun juga tetap akan diberikan pembinaan.

(Banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved