CPNS 2018

Seleksi CPNS 2018, Bila Aturan KemenPAN-RB Diberlakukan, Begini Nasib Lulusan PTS di Kalsel

Lulusan perguruan tinggi swasta (PTS) di Kalimantan Selatan sama sekali tidak punya peluang untuk mengikuti seleksi CPNS 2018.

Seleksi CPNS 2018, Bila Aturan KemenPAN-RB Diberlakukan, Begini Nasib Lulusan PTS di Kalsel
BPost Cetak

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Lulusan perguruan tinggi swasta (PTS) di Kalimantan Selatan sama sekali tidak punya peluang untuk mengikuti seleksi CPNS 2018.

Itu terjadi bila Badan Kepegawaian Negara (BKN) bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) tetap memberlakukan aturan hanya menerima pelamar lulusan dari program studi (prodi) berakreditasi A.

Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XI Kalimantan, Prof Dr Ir H Idiannor Mahyudin MSi mengatakan di Kalimantan Selatan belum ada PTS yang memiliki prodi dengan akreditasi A.

Baca: Presiden Jokowi Mundur Atau Cuti Saat Pilpres 2019, Yusril : Tak Ada Aturan Soal Itu

"Belum ada yang A prodinya, kecuali ULM, itu juga belum lama," kata Idiannor, Sabtu (8/9).

Perlu diketahui LLDikti merupakan lembaga baru, pengganti Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) di seluruh Indonesia.

Wilayah kerjanya mencakup lima provinsi yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Utara.

Baca: Jawaban Bripda Puput Soal Rencana Pernikahannya dengan Ahok, Rekan Sejawat Tak Tahu

Idiannor, yang baru dilantik pada Juli 2018 sebagai Kepala LLDikti wilayah XI Kalimantan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Prof Mohammad Nasir, mengaku belum bisa berkata banyak terkait aturan itu.

"Saya tidak dapat memberi komentar, karena bukan wewenang saya,” ujarnya.

Namun Idiannor mengatakan kemampuan seseorang seharusnya dapat diuji juga lewat tes.

Baca: Pelukan Erick Thohir dan Sandiaga Uno, Begini Kata Erich Soal Hubungan dengan Sandi

"Tidak salahnya meminta kebijakan kepada yang berwenang, sebab kemampuan seseorang dapat diuji juga lewat tes kemampuan skill dalam bidangnya," ujarnya.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help