Berita Banjarbaru

100 Lebih Distributor Ikut Bazar Murah Tahun Baru Islam 2018 di Banjarbaru

Ada sekitar 100 lebih distributor dan gapoktan yang ikut berpartisipasi menjual berbagai bahan pokok hingga makanan dalam bazar.

100 Lebih Distributor Ikut Bazar Murah Tahun Baru Islam 2018 di Banjarbaru
milna sari
Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, H Suparno memeriksa harga barang yang dijual di bazar murah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Jelang peringatan Tahun Baru Islam 2018 atau Tahun Baru Hijriyah 1440 H, Selasa (11/09/2018) Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan bazar murah di halaman TTIC Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan di Jalan Panglima Batur Banjarbaru, Senin (10/09/2018).

Ada sekitar 100 lebih distributor dan gapoktan yang ikut berpartisipasi menjual berbagai bahan pokok hingga makanan dalam bazar.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, Suparno mengatakan semua barang yang dijual di bazar murah dipastikan lebih murah dari di pasaran karena bahan dijual langsung oleh distributor bukan dari tangan ketiha ataupun keempat.

Berdasatkan laporan perkembangan harga di tingkat konsumen saat ini sebutnya terdapat adanya gejolak harga pada saat ini, hal ini kemungkinan disebabkan karena melemahnya rupiah terhadap dollar, sehingga berimbas pads kenaikan harga barang impor.

Baca: Kumpulan Ucapan (Kata-kata Mutiara) Selamat Tahun Baru Islam 2018, 1 Muharram 1440 H via Medsos

Baca: Doa Akhir Tahun Jelang Tahun Baru Islam 2018, 1 Muharram 1440 Hijriyah, Bahasa Arab Beserta Artinya

Baca: Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun Baru Islam 2018, 1 Muharram 1440 H dalam Bahasa Arab dan Latin

Hal ini menyebabkan harga di dalam negeri juga mengalami kenaikan. Untuk mencegah lonjakan harga komoditas pangan utama seperti daging ayam, telur dan bawang merah serta kebutuhan bahan pangan pokok lainnya menjelang Tahun Baru Hijriah 1440 H, Pemerintah harus mempertimbangkan Opsi perdagangan untuk menyeimbangkan penawaran dan permintaan serta mempertimbangkan insentif yang tepat untuk meningkatkan produksi komoditas atau untuk menurunkan tekanan harga dalam jangka panjang.

Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan adalah mengadakan bazar murah atau pasar murah yang bertujuan untuk membantu masyarakat untuk memperoleh akses pangan dengan harga yang murah dan terjangkau dan paling tidak di bawah harga pasar.

"Kegiatan ini selalu kita adakan jelang peringatan hari besar dan hari keagamaan," ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Bazar murah ini diadakan dalam satu hari hingga barang yang dijual habis.

"Kami imbau ke masyarakat sekitar yang ingin dapat bahan sembako dan makanan lebih murah bisa datang ke bazar murah Dinas Ketahanan pangan provinsi Kalsel, dijamin harga lebih murah dari di pasaran," jelasnya.

Bazar murah sebutnya diadakan bertujuan untuk membantu masyarakat untuk memperoleh akses pangan dengan harga yang murah dan terjangkau dan paling tidak di bawah harga pasar.

"Sebelum terjadi kenaikan harga bahan pokok di pasar pemerintah harus antisipasi dengan melakukan operasi pasar dan pasar murah, jangan menunggu harha naik dulu baru bertindak, sama saja dengan pemadam kebakaran," jelasnya.

Dalam tahun ini Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan masih akan menyelenggarakan tiga kali lagi bazar murah yaitu di bulan November dan Desember nanti.

(Banjarmasinpost.co.id /milna)

Penulis: Milna Sari
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help