Berita Balangan

Berupaya Bentuk Kepribadian Siswa, SDN Mantuyan Halong Gelar Kemah Rutin

Perkemahan rutin yang dilaksanakan oleh Pramuka Gugus Depan SDN Mantuyan Kecamatan Halong Kabupaten Balangan

Berupaya Bentuk Kepribadian Siswa, SDN Mantuyan Halong Gelar Kemah Rutin
istimewa
Suasana kegiatan gerakan pramuka di SDN Mantuyan Halong 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Perkemahan rutin yang dilaksanakan oleh Pramuka Gugus Depan SDN Mantuyan Kecamatan Halong Kabupaten Balangan menjadi tempat oleh pihak sekolah untuk mewujudkan peserta didik yang Beriman, Berprestasi, Bersikap Sosial serta Peduli Lingkungan.

Kegiatan diikuti oleh siswa kelas 4,5 dan 6 SDN Mantuyan yang berjumlah 45 orang terdiri dari 1 regu/barung putra dan 2 regu/barong yang tiap-tiap regu/barong berjumlah 15 orang.

Kepala SDN Mantuyan, Budiyanto kepada banjarmasinpost.co.id Selasa (11/9/2018) mengatakan, melalui kegiatan ini sekolah berupaya untuk membentuk peserta perkemahan menjadi siswa yang beriaman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berakhlak mulia dan sehat jasmani serta rohani.

Baca: Syarat Ini Harus Dipenuhi Jelang Penerimaan CPNS 2018, Pendaftaran CPNS Hanya di sscn.bkn.go.id

Baca: Persyaratan Pemprov Kalsel Jelang Penerimaan CPNS 2018, Perkasa Alam : KK Penting

"Kemudian mereka memiliki dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi," ujarnya.

Lebih lanjut menurutnya, ada hal penting lainnya yang harus dimiliki oleh siswa yaitu memiliki kepekaan sosial dan peduli lingkungan, kriatif, terampil serta mempunyai semangat untuk mengembangkan diri secara terus menerus.

"Oleh karena itu melalui gerakan pramuka ini semoga akan tertanamkan jiwa dan semangat gotong royong serta penghayatan kepada kebinekaan yang ada di Indonesia khususnya di sekitar kita," ujarnya.

Baca: Jadwal Siaran langsung RCTI (Live) Timnas Indonesia vs Mauritius Hari Ini Selasa (11/9/2018)

Selain itu melalui gerakan pramuka ini juga akan di temui sikap saling menghargai akan satu dengan lain dalam agama, suku bangsa, budaya dan sebagainya.

Saidi Munsi selaku Kwaran Halong dan Pembina Pramuka Gudep SDN Mantuyan menambahkan, pramuka adalah wadah bagi pembentukan jiwa nasionalisme, melalui acara perkemahan seperti ini maka akan tertanam jiwa kebersamaan, gotong royong dan kerja sama antara satu dan lainnya.

Baca: Addie MS Ungkap Kedekatan Bripda Puput dengan Veronica Tan, Ahok Bergurau Menikah

Baca: Jadwal & Link Live Streaming Indosiar Bali United vs Persela Lamongan di Pekan 21 Liga 1 2018

"Melalui gerakan pramuka inilah maka akan di dapatkan proses pembelajaran yang sangat mendasar yaitu tentang tumbuh kembangnya semangat nasionalisme, dan kebangsaan," katanya.

Dengan pengembengan sikap kebersamaan, dedikasi tinggi loyalitas dan kreatifitas yang kelak tentu akan berguna bagi kehidupan nyata di masyarakat.(banjarmasinpost.co.id/muhammad elhami)

Penulis: Elhami
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved