Campak dan Rubella

Bukan Cuma Al Falah, Ponpes Lain di Banjarbaru Juga Tolak Imunisasi MR, Begini Alasannya

Bukan Cuma Al Falah, Ponpes Lain di Banjarbaru Juga Tolak Imunisasi MR, Begini Alasannya

Bukan Cuma Al Falah, Ponpes Lain di Banjarbaru Juga Tolak Imunisasi MR, Begini Alasannya
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Ilustrasi: aktivitas di Ponpes Alfalah beberapa waktu lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Tidak hanya Al Falah, pondok pesantren lain di Banjarbaru juga menolak imunisasi MR lantaran vaksin tersebut dinilai belum darurat.

"Kami mencari yang halal, walaupun MUI mengatakan itu boleh dan darurat. Tapi, bagi kami belum darurat kami masih menunggunya vaksin yang halal," cetus Ketua Pokja Pesantren Kota Banjarbaru, Syamsuni, Selasa (10/9/2018).

Baca: 98 Persen Santri Al Falah Putra Menolak Imunisasi MR, Santri Al Falah Putri Terpaksa Diimunisasi

Pihaknya menyesalkan jika demi mengejar target pencapaian imunisasi MR di Banjarbaru, pondok pesantren dijadikan tumbal dengan mengatakan sudah ada santri positif campak rubella tanpa ada bukti hasil laboratorium diserahkan ke pondok pesantren.

Syamsuni yang juga pengasuh Ponpes Al Falah mengatakan, 98 persen santri di Ponpes Al Falah Putera menolak imunisasi MR. Ada satu santri melakukan imunisasi secara mandiri karena orangtua santri berasal dari Dinkes.

Baca: Ponpes di Banjarbaru Ragu Hasil Lab Positif Virus Rubella, Syamsuri: Dinkes Hanya Sampaikan ke Media

"Kami sudah melayangkan surat bahwa Ponpes Al Falah Putera menolak imunisasi MR karena 98 persen orangtua menolak. Tapi, bagi orangtua yang mau anaknya diimunisasi silakan diimunisasi sendiri di fasilitas kesehatan," imbuhnya.

Sebanyak 37 santri yang dinyatakan campaknya positif mengandung virus rubella seperti dikatakan Dinkes Banjarbaru telah sembuh, kecuali 15 orang dipulangkan oleh pihak sekolah dan belum diketahui kesembuhannya. (Banjarmasinpost.co.id/milna sari/m hasby suhaily)

Penulis: Hasby
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help