Berita Banjar

Ombudsman RI Perwakilan Kalsel Kritisi RSUD yang Disebut Profit Oriented

Ombudsman RI Perwakilan Kalsel mengkritisi pernyataan Bupati Banjar H Khalillurrahman

Ombudsman RI Perwakilan Kalsel Kritisi RSUD yang Disebut Profit Oriented
BANJARMASINPOST.co.id/Edi nugroho
Noorhalis Majid

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Ombudsman RI Perwakilan Kalsel mengkritisi pernyataan Bupati Banjar H Khalillurrahman yang meminta kepada Direktur RSUD Ratu Zalecha yang baru dilantik, agar memikirkan bagaimana caranya rumah sakit bisa untung.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalsel, Noorhalis Majid mengatakan, rumah sakit itu layanan kesehatan. Layanan kesehatan itu pelayanan publik dasar, bukti hadirnya negara di tengah masyarakat.

“Oleh karena itu orientasi utamanya bukan keuntungan, tapi pelayanan yang baik, cepat, ramah dan mengutamakan keselamatan,” katanya, Rabu (12/9/2018).

Baca: Sutarto Hadi Ucap Syukur Usai Terpilih Jadi Rektor ULM, Ini Daftar Raihan Suaranya

Baca: Syarat Wajib untuk Jabatan Khusus Jelang Penerimaan CPNS 2018, Pendaftaran Hanya di sscn.bkn.go.id

Dia juga mengatakan, sebagai penyelenggara pelayanan publik, rumah sakit pemerintah bukan keuntungan yang menjadi tujuan, tapi jaminan kesehatan masyarakat.

Menurutnya, kalau sekarang BLUD, itu dimaksudkan agar pelayanan lebih maksimal tidak terkendala birokrasi anggaran pemerintah. Semestinya sebagai BLUD ditujukan untuk memaksimalkan pelayanan, bukan memaksimalkan keuntungan.

“Karena layanan kesehatan, adalah bukti hadirnya negara dalam memberikan perlindungan pada rakyatnya,” tegasnya.

Pihaknya berharap, RSUD Ratu Zalecha fokus pada perbaikan layanan, dan pemerintah menjadikan ruma sakit sebagai wahana dalam mewujudkan pelayanan dasar yang baik agar masyarakat merasakan hadirnya negara dalam menjamin kesehatan warganya.

Baca: Reaksi Ustadz Abdul Somad Jawab Kecurigaan GP Ansor, Hingga Angkat Kaki

Baca: Hotman Paris Beri Pilihan Tegas Soal Aset Kemenpora yang Ada di Roy Suryo, Ini Rincian Asetnya

Kembali dirinya menegaskan, tidak ada yang lebih penting dari pemerintah selain terus memperbaiki pelayanan dasar seperti layanan pendidikan dan kesehatan. Karenanya, sudah seharusnya pemerintah tidak menempatkan rumah sakit sebagai cara mendapatkan keuntungan.

“Jangan jadikan kesehatan cara untuk mencari pendapatan. Karena itu berarti kesehatan menjadi sesuatu yang dinilai komersial,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, dalam sambutannya pada pelantikan Direktur RSUD Ratu Zalecha, Bupati Banjar, H Khalillurrahman meminta bagaimana caranya agar RSUD Ratu Zalecha bisa untung. Jangan kalah dengan hotel-hotel.

(banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help