Saraba Kawa

Bupati Pimpin Peringatan Hari Pertasi Kencana dan Ajak Majukan Pertanian, Koperasi dan KB

Ajakan untuk terus bisa bersama-sama memajukan pertanian, koperasi dan keluarga berencana (KB) menjadi pesan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani

Bupati Pimpin Peringatan Hari Pertasi Kencana dan Ajak Majukan Pertanian, Koperasi dan KB
istimewa/Diskominfo Tabalong
Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani saat menyampaikan sambutan dalam peringatan Hari Pertasi Kencana di Taman Giat Kota Tanjung 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Ajakan untuk terus bisa bersama-sama memajukan pertanian, koperasi dan keluarga berencana (KB) menjadi pesan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, dalam peringatan Hari Pertasi Kencana.

Peringatan Hari Pertasi Kencana yang merupakan gabungan dari peringatan Hari Krida Pertanian, Hari Koperasi dan Hari Keluarga Nasional ini digelar di Taman Giat Kota Tanjung, Tabalong, Kamis (13/9/2018).

Menurut Bupati Anang, pertanian, koperasi dan KB merupakan tiga sektor yang sangat berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat.

Penandatanganan prasasti pencanangan Kampung KB oleh Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani
Penandatanganan prasasti pencanangan Kampung KB oleh Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani (istimewa/Diskominfo Tabalong)

Sehingga dengan apabila tiga sektor ini bisa terus bersama dan bersatu padu maka diyakini kedepan Tabalong akan terus semakin maju dan masyarakatnya semakin sejahtera.

"Tapi jangan lupakan pilosifis tuga sektor, tetap harus dipegang, pertanian maju, petani sejahtera maka jangan lupa gabung koperasi dan jangan lupakan KB. Dua anak cukup," katanya.

Anang juga mengakui berkat kerja keras semua pihak, terutama penggiat atau pelaku pertanian, koperasi dan KB yang bergerak di lapangan, selama empat tahun kepemimpinannya terlihat jelas adanya peningkatan.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani menyerahkan penghargaan dalam peringatan Hari Pertasi Kencana
Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani menyerahkan penghargaan dalam peringatan Hari Pertasi Kencana (istimewa/Diskominfo Tabalong)

Seperti bidang pertanian, dimana saat awal dirinya mulai memimpin di tahun 2017 14 surplus beras hanya 8 ribu ton, sedangkan sekarang sudah mencapai 37 ribu ton.

"Jadi lebih dari empat kali lipat, ketika awal menjabat tidak banyak komoditas pertanian dihasilkan, sekarang semua dihasilkan, Tabalong sekarang mulai dikenal orang sebagai penghasil komoditas pertanian terkemuka di wilayah utara Kalsel," ujarnya.

Begitu pula keluarga berencana, dulu di bawah 50 persen pasangan usia subur yang ikut kb, tapi sekarang sudah pasangan usia subur yang jadi peserta KB sudah 79 persen. Ditambah adanya Kampung KB yang sudah mencapai 24.

ADV
ADV (istimewa/Diskominfo Tabalong)

Untuk koperasi walaupun ada mati dan mati suri tapi tetap bisa ditumbuhkan dan terus bisa bertahan.

Bukti keberhasilan itu juga dapat dilihat dengan banyaknya penghargaan dan prestasi yang diraih Kabupaten Tabalong dalam beberapa tahun terakhir ini untuk bidang pertanian, koperasi dan KB

"Tapi sekali lagi kita kerja bukan untuk kejar penghargaan, tapi selama penghargaan belum diterima berarti kita belum bekerja dengan benar dan maksimal," tegasnya. (*/aol)

Penulis: Dony Usman
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved