Mereka Bicara

Hijrah dan Spirit Perbaikan Bangsa

Momentum kontestasi demokrasi penting dijadikan sebagai pintu perbaikan kondisi bangsa agar lebih baik.

Hijrah dan Spirit Perbaikan Bangsa
Bangka Pos
Ucapan Selamat Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1440 H 

OLEH: RIBUT LUPIYANTO, Deputi Direktur Center for Public Capacity Acceleration (C-PubliCA)

Umat Islam seantero jagad baru saja memperingati Tahun Baru 1 Muharram 1440 Hijriyah. Peringatan tahun ini terasa istimewa, karena bersamaan dengan tahun politik terkait pelaksanaan Pemilu 2019.

Momentum kontestasi demokrasi penting dijadikan sebagai pintu perbaikan kondisi bangsa agar lebih baik. Umat Islam sebagai mayoritas penduduk di Indonesia penting melakukan refleksi memetik hikmah (ibrah) dari spirit hijrah demi perubahan bangsa yang lebih baik ke depan. Semua komponen memikul beban dari harapan tinggi rakyat dalam merealisasikan perbaiikan bangsa.

Teologi Hijrah
Hijrah secara bahasa berarti berpindah tempat. Kata Hijrah berasal dari kata hadjara yang memiliki beberapa makna (Surana, 1997). Beberapa makna tersebut di antaranya menyingkiri sesuatu (QS Al-Mudatsir: 5), meninggalkan dan berpaling (QS Maryam: 46), menjauhkan diri (QS Al-Muzammil: 10), memisahkan (QS An-Nisa: 34), dan pindah dari dari sesuatu kepada yang lainnya (QS Ali-Imran: 194).

Sedangkan secara maknawiyah, hijrah dibedakan menjadi 4 macam yaitu hijrah i’tiqadiyah (keyakinan), hijrah fikriyah (pemikiran), hijrah syu’uriyyah (kesenangan), dan hijrah sulukiyyah (tingkah laku). Hijrah dapat terbangun atas urusan-urusan ibadah terhadap Allah SWT serta mengenai urusan yang bersangkutan dengan pergaulan hidup bersama, mulai mengurus seorang diri hingga kepada susunan masyarakat (al-hajatul-idytima’iyah).
Seseorang dapat dikatakan hijrah jika telah memenuhi dua syarat yaitu ada sesuatu yang ditinggalkan dan ada sesuatu yang dituju (Iskandar, 2014). Dalam konteks ini adalah meninggalkan segala hal yang buruk, negatif, maksiat, kondisi yang tidak kondisif, menuju keadaan yang lebih yang lebih baik, positif dan kondisi yang kondusif.

Paling tidak ada dua hal dapat direnungkan terkait hijrah guna reaktualisasi dalam kehidupan kontemporer. Pertama, hijrah tidak bisa dilepaskan dari situasi dan kondisi yang melatarbelakanginya. Situasi dan kondisi yang dimaksud adalah adanya intimidasi tidak terhentika karena posisi politik yang lemah.
Kedua, dalam rangka membangun kekuatan politik itulah Rasulullah SAW melakukan hijrah ke Madinah. Sehingga akhirnya terbentuk Negara Madinah (Madani) yang memiliki pranata politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan-keamanan sendiri.

Spirit Perbaikan
Perbaikan kondisi bangsa Indonesia telah dicita-citakan melalui agenda reformasi. Sayangnya setelah berganti empat presiden, bangsa ini masih mengidap penyakit berkebangsaan yang akut. Hijrah penting menjadi spirit perbaikan semua komponen bangsa dan direaktualisasikan dalam kehidupan politik bangsa ini.

Pertama, hijrah dari kondisi koruptif ke bersih. Korupsi sudah kompleks dan melewati batas-batas nalar kemanusiaan (hyper corruptus). Sangat wajar jika korupsi dinobatkan sebagai kejahatan luar biasa (extraordinary crime). Skor Indeks Persepsi Korupsi Indonesia tahun 2017 sebesar 37 (TI, 2018). Indonesia menempati urutan 96 dari 186 negara yang diukur. Optimisme mesti dibangun melalui langkah sistemik memberantas korupsi dan menciptakan kehidupan bernegara yang bersih. Keseimbangan penting dilakukan antara upaya pencegahan dan penindakan korupsi.

Kedua, hijrah dari kondisi lemah ke gagah. Kepemimpinan bangsa selama ini masih terlihat lemah dalam teropong geopolitik internasional. Indonesia seakan tidak berdaya menghadapi manuver negara adidaya, bahkan negeri tetangga. Presiden Jokowi penting menerapkan geostrategi menghadapi arus globalisasi.

Langkah konkret penting dijabarkan terkait pemberlakuan pasar MEA, keterbukaan tenaga kerja asing, globalisasi, dan lainnya. Prioritas penanganan masalah internasional penting dilakukan, misalnya terkait sengketa wilayah dan TKW dengan Malaysia, ekstradisi koruptor dengan Singapura, imigran gelap dan penyadapan dengan Australia, dan seterusnya. Perjanjian bilateral dan multilateral juga penting diagendakan kembali dan dituntaskan selama kepemimpinan lima tahun mendatang.

Ketiga, hijrah dari kondisi rentan konflik ke damai. kerawanan konflik di negeri ini cukup terbuka. TNI telah memetakan provinsi dan kabupaten/kota mana masuk kategori rawan dalam Pemilu 2019. Provinsi Papua adalah yang paling rawan dengan indeks kerawanan pemilu 3,41.

Peringkat kedua yakni Maluku dengan indeks kerawanan pemilu 3,26. Peringkat ketiga, yakni Kalimantan Barat dengan indeks kerawanan pemilu 3,04. Konflik dapat diantisipasi melalui harmoni berbasis kearifan lokal. Setiap daerah memiliki segudang kearifan lokal berbasis budaya masing-masing.

Keempat, hijrah dari gaya konsumtif ke produktif. Penduduk Indonesia yang lebih dari 250 juta merupakan pangsa pasar besar bagi produksi berbagai industri. Ditambah lagi Indonesia pada kurun 2020-2030 diperkirakan mendapat bonus demografi. Selama kurun waktu tersebut jumlah penduduk usia produktif (15-60 tahun) lebih tinggi daripada usia non produktif.

Usia produktif selama ini masih didominasi gaya hidup konsumtif, khususnya untuk anak muda. Perilaku ini mesti ditinggalkan dan hijrah menuju gaya hidup produktif. Mental memiliki sesuatu mesti diubah menjadi mental menghasilkan sesuatu. Dukungan kebijakan berdikari penting untuk melindungi upaya hijrah ini.

Tahun Baru Hijriyah tiap tahun menghampiri, tetapi selalu diperingati formal tanpa arti kontekstual. Pergantian estafet kepemimpinan negeri ini mesti dioptimalkan sebagai momentum berhijrah menuju kemajuan. Semua komponen bangsa memiliki kesempatan dan peran yang sama guna melakukan refleksi dan mengaktualisasikan makna hijrah dalam setiap lini kehidupan berbangsa. Semangat bangkit dan optimisme yang masif merupakan modal energi besar bagi Indonesia berhijrah dan tampil terdepan dalam peradaban dunia. (*)

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved