Berita Balangan

Hadapi Pemilu 2019 Polres Balangan Gelar Rakor, ini yang Dibahas

Rakor dalam rangka operasi kepolisian terpusat Mantap Brata Intan 2018 digelar Kapolres Balangan, kemarin Jumat (14/9/2018).

Hadapi Pemilu 2019 Polres Balangan Gelar Rakor, ini yang Dibahas
istimewa
suasana rakor Mantap Brata Intan 2018 digelar Kapolres Balangan, kemarin Jumat (14/9/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Rakor dalam rangka operasi kepolisian terpusat Mantap Brata Intan 2018 digelar Kapolres Balangan, kemarin Jumat (14/9/2018).

Acara yang digelar di Aula Pesat Gatra Polres Balangan ini dipimpin oleh Kapolres Balangan dihadiri Bupati Balangan diwakili Kasat Pol PP, Dandim 1001 Amt-Blg diwakili Danramil Juai-Halong, Kesbangpol Kab. Balangan, KPU, Bawaslu, MUI, FKUB, PJU Polres Balangan serta Kapolsek Jajaran Polres Balangan dengan jumlah yang hadir keseluruhan sebanyak 30 orang.

Dalam Rakor menghadapi Pemilu tahun 2019 yang tahapannya akan dimulai pada tanggal 20 September ini harus dipersiapkan dengan perencanaan secara matang.

Baca: Postingan Video Musik Agnez Mo Diberi 3 Jempol oleh Siwon Super Junior, ini Foto Lama Mereka

Menyikapi hal tersebut, Kapolres Balangan AKBP Moh. Zamroni memberikan beberapa penekanan yang harus dipedomani demi kelancaran seluruh rangkaian tahapan Pemilu.

Disampaikan Kapolres, terhadap penyelenggara Pemilu dalam hal ini adalah KPU dan Bawaslu diimbau agar senantiasa menjaga netralitas, serta peran MUI dan FKUB sangat diharapkan dalam mengantisipasi isu politik yang mengarah ke SARA.

Baca: Kepergok Lagi Ayu Ting Ting dan Raffi Ahmad Duduk Bersebelahan di Pesawat

"Pentingnya netralitas penyelenggara Pemilu, dan peran aktif MUI dan FKUB dalam mengantisipasi isu SARA merupakan langkah awal kelancaran selama tahapan Pemilu," ujarnya.

Selain itu ditegaskan Kapolres, terhadap ASN agar juga harus netral, jangan menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan politik terlebih saat masa kampanye.

"Awasi dan data, jangan sampai alat negara dipergunakan untuk berkampanye, ini adalah pelanggaran, ini wewenang Bawaslu untuk memberikan tindakan," tegasnya.

Baca: Ijtima Ulama II Digelar Hari Ini, Alumni 212 : Pertegas Komitmen Prabowo Subianto dengan Ulama

Menurutnya, kunci kesuksesan ini tidak lepas dari sinergitas antar lembaga yang berkompeten demi mewujudkan Pileg dan Pilpres yang damai, aman dan sejuk.

Dalam kesempatan itu juga, Kapolres mengajak seluruh undangan untuk antisipasi organisasi / kelompok radikal, intervensi asing yang memanfaatkan situasi politik saat ini, serta jangan mudah terpancing terhadap berita Hoax yang dapat memecah belah kesatuan.

Diharapkan penyelenggara pemilu dapat melaksanakan tugas secara profesional dan proporsional serta antisipasi kemungkinan timbulnya potensi kerawanan pasca Pemilu menjadi tanggungjawab bersama.

"Tetap waspada dengan isu atau berita hoaks yang semakin kuat dihembuskan melalui media sosial saat ini, laporkan dan kita redam bersama," pungkasnya.

(banjarmasinpost.co.id/muhammad elhami)

Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved