Pilpres 2019

Jelang Penetapan Capres Cawapres di Pilpres 2019, KPU Temukan 795 Ribu Pemilih Ganda

Penetapan Capres-Cawapres di Pilpres 2019 tinggal hitungan hari. Walau begitu, KPU RI menyatakan saat ini masih terdapat pemilih ganda.

Jelang Penetapan Capres Cawapres di Pilpres 2019, KPU Temukan 795 Ribu Pemilih Ganda
banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid
Ilustrasi/ Warga mencermati daftar calon legislatif sementara yang dipajang di Kantor KPU Kabupaten Tanahlaut, Kamis (30/8/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Penetapan Capres-Cawapres di Pilpres 2019 tinggal hitungan hari. Walau begitu, KPU RI menyatakan saat ini masih terdapat pemilih ganda.

Totalnya ada 795.000 nama pemilih ganda dari total 185 juta Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat nasional yang telah ditetapkan oleh KPU pekan lalu.

"Nama pemilih yang alami kegandaan dari 185 juta (DPT) di bawah 1 juta yaitu 795 ribu, kami yakin akan berkurang karena akan dibersihkan dari malam hingga Minggu pagi," kata Anggota KPU RI Viryan Aziz di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Sabtu (15/9/2018).

Ia menjelaskan, selama 10 hari sejak penetapan DPT tingkat nasional lalu, KPU bersama parpol dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah melakukan 3 kali pertemuan untuk membahas teknis perbaikan data ganda DPT.

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) MNC TV Final Japan Open 2018, Markus/Kevin Menangi 7 Laga Terakhir

Baca: Jadwal & Klasemen MotoGP Aragon Spanyol 2018 Live Trans 7, Valentino Rossi Dipasok Motor

Pertemuan terakhir dilakukan pada Jumat malam 14 September lalu, di mana ditemukan DPT ganda versi partai politik pada angka 1,2juta pemilih.

"Tadi malam kami dapat info dari teman-teman parpol menyampaikan yang paling menyuarakan data ganda, mengapresiasi di angka 1,2 juta (DPT ganda), tapi data internal kami dibawah 1 juta. Data itu tentunya sedang dan akan diselesaikan KPU di daerah untuk dibersihkan," kata dia. 

Baca: 14 Solusi Kendala Login di sscn.bkn.go.id Saat Penerimaan CPNS 2018, Syarat dan Alur

Baca: Jonatan Christie Pamer Gandengan Tangan Saat Ultah, Kata-katanya Bikin Meleleh

Ia mengatakan sampai malam ini, data terkait DPT provinsi sedang berjalan masuk dan harus selesai mengingat esok hari akan diadakan Rapat Perbaikan DPT Pemilu 2019 (Hasil Tindaklanjut Rekomendasi Bawaslu RI).

"Tadi hampir seluruh KPU provinsi sudah rampungkan rapat rekapitulasi DPT tingkat provinsi, beberapa sedang berjalan dan menyelesaikan. Besok itu rapat pleno terbuka rekapitulasi DPT hasil perbaikan nasional," tutur Viryan.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Waduh, Pilpres Makin Dekat Masih Ada 795.000 Data DPT Ganda di Seluruh Indonesia

Editor: Rendy Nicko
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved