Liga Inggris

Benarkah Mohamed Salah Musim Ini Tidak Setajam Musim Lalu?

Indikator utama asumsi di atas datang berdasarkan jumlah gol yang telah dicetak Mohamed Salah di Liga Inggris sejauh ini.

Benarkah Mohamed Salah Musim Ini Tidak Setajam Musim Lalu?
GLYN KIRK/AFP
Penyerang Liverpool FC, Mohamed Salah (kanan), dijatuhkan oleh bek Crystal Palace, Aaron Wan-Bissaka, dalam laga Liga Inggris di Stadion Selhurst Park, London pada 20 Agustus 2018. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Start musim Mohamed Salah di Liverpool tidak sepanas penampilannya musim lalu. Apa yang berbeda dari penyerang asal Mesir tersebut di Liga Inggris 2018-2019 ketimbang kompetisi lalu?

Indikator utama asumsi di atas datang berdasarkan jumlah gol yang telah dicetak Mohamed Salah di Liga Inggris sejauh ini.

Sekilas, catatan Mohamed Salah musim ini dengan musim lalu tak berbeda jauh.

Sejak awal musim, Mohamed Salah "hanya" mencatatkan 2 gol dan 1 assist dari 5 laga pertama Liga Inggris.

Baca: Fantastis! Cristiano Ronaldo Resmi Cetak 400 Gol di Liga, Begini Faktanya

Bandingkan dengan start sang pemain musim lalu di mana ia menceploskan 3 gol dan 1 assist dari jumlah laga sama pada awal musim.

Baca: Sendirian, Cristiano Ronaldo Nyaris Samai Jumlah Tembakan Dua Klub Liga Italia

Kendati terlihat tipis, perspektif itu menjadi lebih jelas apabila kita menilik algoritma xG (expected goals atau jumlah gol yang seharusnya dicetak oleh sang pemain) Opta musim ini berbanding musim lalu.

Musim ini, angka expected goals Salah berdri di 3,38. Angka tersebut datang dari algoritma Opta yang menghitung kualitas kesempatan mencetak gol yang datang ke sang pemain.

Artinya, Salah mencetak minus 1,38 gol dari ekspektasi, menunjukkan bahwa ia melewatkan beberapa kesempatan emas yang seharusnya berbuah gol.

Baca: Hasil Japan Open 2018, Marcus/Kevin Jadi Finalis Tertangguh hingga Kebangkitan Kento Momota

Perbedaan mencolok dari periode sama musim lalu (5 laga awal musim) adalah sang pemain lebih tajam dengan penyelesaiannya.

Mohamed Salah mencetak 3 gol dari angka xG 3,25, menandakan bahwa ia kurang lebih memenuhi ekspektasi di depan gawang lawan pada awal Liga Inggris 2017-2018.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help