Sampah Banjarmasin di Zaman Now

Setiap Jumat Tim Satgas Bersihkan Sungai, Begini Komentar Tumiran

Jumlah mereka yang membersihkan sungai sekitar 60 orang. Kegiatan membersihkan ini cukup bersemangat.

Setiap Jumat Tim Satgas Bersihkan Sungai, Begini Komentar Tumiran
jumadi
Satgas kebersihan, bersama staf Kecamatan Banjarmaain Selatan, dan staf kelurahan dan warga sekitar tampak membersihkan sepanjang Sungai Beruntung dari tumpukan enceng gondok, Jumat (14/9/2018) pagi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - TIM Satgas kebersihan Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, yang dikoordinir oleh pihak kecamatan setempat, Babinkamtibmas dan Babinsa Banjarmasin Selatan, bersama beberapa staf kelurahan dan kecamatan serta dibantu warga sekitar, melaksanakan kerja bakti membersihkan sungai.

Jumlah mereka yang membersihkan sungai sekitar 60 orang. Kegiatan membersihkan ini cukup bersemangat. Mereka tak canggung untuk masuk dan terjun ke sungai.

Sungai Beruntung tampaknya tertutup akibat timbunan dan tumbuhnya enceng gondok. Juga ditemukan sampah plastik dan daun-daun kering yang membusuk di dasar tepian sungai.

Baca: Sscn.bkn.go.id - BKN Ingatkan Cara Mengunggah Persyaratan di Situs Pendaftaran Seleksi CPNS 2018

Sungai yang cukup lebar ini tembus ke Sungai Kelayan maupun Sungai di Jalan Pekapuran dan Lokasi.

Sebelumnya sungai dengan lebar sekitar 15 hingga 20 meter ini dipenuhi dengan enceng gondok sepanjang ratusan meter. Dengan turunnya sekitar 60 anggota Satgas Kebersihan, maka enceng gondok yang sudah menutup sungai dan menganggu kelancaran arus sungai tampak dalam satu jam sudah terlihat bersih.

Baca: TINGGAL 2 HARI Link Sscn.bkn.go.id - BKN Buka Rahasia Soal Daftar di Situs Pendaftaran CPNS 2018

Ada yang menceburkan diri ke sungai dan ada juga yang menggunakan beberapa perahu atau jukung membersihkan enceng gondok.

Mereka juga mendapati sebagian sampah plastik yang dibuang warga ke sungai serta sampah daun-daun kering yang tertumpuk di tepi sungai.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga Champion di RCTI Match Day 1- 4 Laga, Real Madrid vs AS Roma Panas

Tumiran, selaku Kasi Pemerintahan, Kecamatan Banjarmasin Selatan mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Jumat pagi.

Tujuannya agar masyarakat sekitar rumahnya yang dibersihkan menjadi sadar akan kebersihan."Kita juga meminta kepada semua warga jangan membuang sampah di sungai. Sebab sekarang ini sudah ada perdanya. Kalau ketahuan atau tertangkap basah oleh petugasnya, maka bakal didenda Rp5 juta atau kurungan badan,"terangnya. (jumadi)

Penulis: Jumadi
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help