Berita Balangan

Warga Desa Ajung Tanggapi Biasa Kasus Rubella, Anggap Kerumut Biasa

Kasus rubella yang terjadi di Desa Ajung Kecamatan Tebing Tinggi disikapi masyarakat setempat dengan biasa saja.

Warga Desa Ajung Tanggapi Biasa Kasus Rubella, Anggap Kerumut Biasa
banjarmasinpost.co.id/hanani
Ilustrasi-Salah satu siswa SDN Barabai Timur I menangis saat diberikan vaksin MR oleh petugas kesehatan HST, Rabu (1/8/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Kasus rubella yang terjadi di Desa Ajung Kecamatan Tebing Tinggi disikapi masyarakat setempat dengan biasa saja.

Saat banjarmasinpost.co.id melakukan pantauan langsung kelapangan, Senin (17/9/2018) tak ada kekhawatiran yang begitu berarti meski status penyakit ini termasuk Kejadian Luar Biasa (KLB).

Sari warga yang ditemui mengatakan, rubella ditempatnya biasa disebut karumut. Penyakit ini, selalu ada setiap tahunnya terutama saat musim dan bulan seperti saat ini.

"Kami disini biasa saja, setiap tahun juga ada yang kena dan sembuh dengan pengobatan tradisional biasanya mandi pakai air kelapa, atau dicarikan air akar," ujarnya.

Baca: Jadwal China Open 2018 Live MNCTV-Ini Daftar Wakil Indonesia Selain Marcus/Kevin, Jonatan Christie

Baca: Atlit 29 Perguruan Tinggi Kalsel Bertarung di Komda Kasel 2018

Kekhawatiran justru terhadap mereka yang hamil, karena penyakit ini bisa berdampak terhadap bayi didalam kandungan.

Sementara itu, pantauan di sekolah SMPN 3 Awayan siswa yang sebelumnya positif rubella sudah sembuh dan tak ada lagi tanda-tanda seperti bintik merah di tubuh.

Salah satunya Desi, ia mengaku tak begitu mengetahui awalnya bahwa penyakitnya tersebut ternyata rubella, lalu kemudian mengadu dengan guru dan dibilang penyakit rubella.

"Saat sakit kemarin pengobatan dirumah saja, minum obat parasetamol, kemudian disuntik imunisasi, dan lima hari sekarang sudah sembuh," ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Ajung, Junal mengaku kaget dan bingung tiba-tiba desanya ditetapkan KLB rubella.

"Jika sudah demikian kami mengharapkan Dinkes bisa melakukan penanganan lebih lanjut ke masyarakat, kami pihak desa siap saja memfasilitasi," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Elhami
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help