Sampah Banjarmasin di Zaman Now

Zaman Makin Maju, Kok Masih Ada Warga Buang Sampah ke Sungai

Sampah didefinisikan oleh manusia menurut diderajat keterpaksaannya, dalam proses-proses alam sebenarnya

Zaman Makin Maju, Kok Masih Ada Warga Buang Sampah ke Sungai
jumadi
Tumpukan sampah di Sungai Kota Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses.

Sampah didefinisikan oleh manusia menurut diderajat keterpaksaannya, dalam proses-proses alam sebenarnya tidak ada konsep sampah, dan yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam tersebut berlangsung.

Di Zaman Now sekarang ini masih ada masyarakat yang membuang sampah di sembarang tempat, seperti di jalan atau tanah lapang bahkan ada sampah dengan sengaja dibuang ke sungai. Sehingga membuat aliran sungai tak bisa lancar.

Baca: Lepas dari Pelukan Reino Barack, Luna Maya Malah Mendambakan Pria Seperti ini

Sebagian masyarakat masih ada yang sadar ke mana harus membuang sampah, seperti di TPS walau jarak rumah dengan TPS ratusan meter.

Baca: Tutorial/Cara Upload Dokumen Persyaratan di Link sscn.bkn.go.id untuk Pendaftaran CPNS 2018

Sehingga tidak menimbulkan masalah, seperti bau yang tidak sedap.

Namun di pihak lain, masyarakat masih ada yang kurang sadar dengan membuang sampah ke sungai, seperti sampah-sampah plastik, contoh botol atau sisa bungkus makanan siap saji yang dimasukkan ke dalam kantongan kresek, diikat lalu si yang begitu saja.

Baca: TINGGAL 2 HARI Link Sscn.bkn.go.id - BKN Buka Rahasia Soal Daftar di Situs Pendaftaran CPNS 2018

Dampaknya akan terlihat di permukaan sungai, yakni sampah plastik terlihat mengapung di permukaan air.

Seperti yang terlihat baru-baru ini di sebuah sungai kecil, kawasan Jalan 9 Oktober, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin. Saat ini kondisi sungai sangat memprihatinkan, seperti dangkal dan mengempit, ditambah lagi adanya sampah plastik, seperti botol dan lain-lain.

Masyarakat tampaknya tidak merespon menumpuknya sampah tersebut. Apabila dibiarkan berlarut-larut, maka tumpukan sampah itu semakin banyak, dan mengakibatkan terhambatnya aliran sungai di sana. (jumadi)

Penulis: Jumadi
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help