Bumi Sanggam

Debat Kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS di SMPN 1 Lampihong Bekali Siswa Berdemokrasi

Empat pasangan calon (Paslon) kandidat ketua dan wakil ketua OSIS SMPN 1 Lampihong masa bakti 2018-2019 saling beradu visi dan misi

Debat Kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS di SMPN 1 Lampihong Bekali Siswa Berdemokrasi
istimewa/ smpn 1 lampihong
Empat pasangan calon (Paslon) kandidat ketua dan wakil ketua OSIS SMPN 1 Lampihong masa bakti 2018-2019 saling beradu visi dan misi serta program kerja dalam acara, “Debat Kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMPN 1 Lampihong” 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN -Empat pasangan calon (Paslon) kandidat ketua dan wakil ketua OSIS SMPN 1 Lampihong masa bakti 2018-2019 saling beradu visi dan misi serta program kerja dalam acara, “Debat Kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMPN 1 Lampihong” yang digelar pada kemarin Sabtu, (15/9/2018) di Gedung serba guna SMPN 1 Lampihong.

Empat Paslon kandidat ketua dan wakil ketua OSIS tersebut adalah Sandi Ardiansyah dan M. Raihan Nor nomor urut 1, Sunia Selviana dan Fatimahtur Rusyidah nomor urut 2, M Nor Haris dan Sahrul Ramadan nomor urut 3, dan Sri Wulandari dan Winda Saputri nomor urut 4.

Kepada banjarmasinpost.co.id Hairuddin selaku Kepala SMPN 1 Lampihong menyatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membekali siswa agar menjadi warga negara yang demokratis, dan menyemai benih-benih demokrasi yang berkarakter semenjak dini.

Menurutnya, benih-benih demokrasi yang berkarakter dan berdasarkan nilai-nilai Pancasila, guna untuk menyiapkan generasi muda calon-calon pemimpin di masa yang akan datang.

"Sementara untuk yang menjadi audiens kegiatan diharapkan agar terbiasa memilih calon pemimpinnya sesuai dengan hati nurani dan sesuai dengan kompetensi yang ditampilkan pasangan calon," ujarnya.

Karena suatu saat nanti mereka akan ada yang ikut dalam berbagai kegiatan seperti pemilihan legislatif (Pileg) DPRD Kab/Kota, DPRD Provinsi, dan DPR RI serta DPD.

Kemudian juga nanti akan terlibat dalam Pilkades (Pemilihan Kepala desa), Pilkada (Pemilihan Kepala daerah) dan Pilpres (Pemilihan Presiden).

"Jadi tugas kami lah untuk membekali mereka agar menjadi pemilih yang cerdas dan kritis karena pada dasarnya pemimpin yang cerdas berawal dari pemilih yang cerdas," pungkasnya.

Ahmadiyanto, selaku Pembina OSIS menambahkan, kegiatan ini sudah rutin dilaksanakn setiap tahunnya.

Kegiatan ini diharapkan bisa berjalan secara kontinyu untuk terus memupuk keberanian siswa berani tampil di depan orang banyak serta menyampaikan ide dan kretatifitasnya.

"Selain itu juga untuk memotivasi siswa agar bisa berpikir kritis terhadap pertanyaan yang diajukan oleh audiens yang hadir maupun oleh pasangan calon yang lain," ujarnya.

Dengan demikian atmosfer demokrasi akan terus ditumbuhkan dari sekolah untuk mempersiapkan mereka menjadi pemimpin-pemimpin masa depan Indonesia yang unggul dan kompeten. (*/aol)

Penulis: Elhami
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved