Kriminalitas Tanahbumbu

Pencuri Motor Ini Sempat Jatuh Ke Sawah Bersama Motor Curian di Tanahbumbu, Dibekuk Saat Mau Beraksi

Pelaku sempat melakukan dua pencurian sepeda motor, namun satu sepeda motor harus ditinggalkan karena terjatuh di sawah

Pencuri Motor Ini Sempat Jatuh Ke Sawah Bersama Motor Curian di Tanahbumbu, Dibekuk Saat Mau Beraksi
HO/Polres Tanahbumbu
Abdul Muthalib alias Tele (26) dan barang bukti hasil curian 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Abdul Muthalib alias Tele (26) warga Padat Karya Desa Barugelang Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanahbumbu kena batunya. Pria ini harus berurusan dengan pihak kepolisian karena kasus pencurian sepeda motor.

Pelaku sempat melakukan dua pencurian sepeda motor, namun satu sepeda motor harus ditinggalkannya karena terjatuh disawah sehingga dia tak bisa mengangkatnya sendiri.

Tak mampu menarik sepeda motornya, dia kembali beraksi berselang dua jam saja dan berhasil mengambil satu sepeda motor jenis Yamaha yang sudah dimodif menjadi motor trail.

Setelah sempat melarikan diri ke Lontar Kabupaten Kotabaru, dia kembali ke Tanahbumbu dan berencana mencari mangsa. Namun sial baginya, saat berada dibengkel tempatnya bekerja di kawasan Desa Mudalang Kecamatan Kusan Hilir Tanbu pada Rabu (19/9/18) sekitar pukul 07.30 wita, polisi melihatnya.

Tanpa basa basi, pelaku yang saat itu menunggangi kendaraannya langsung mendekati pelaku. Saat mengetahui polisi yang datang, pelaku mencoba melarikan diri namun langsung dicegah pihak kepolisian dan menangkapnya.

Baca: Formasi CPNS 49 Daerah Jawa, Sumatera & Sulawesi, Ini Link ssc.bkn.go.id Pendaftaran CPNS 2018

Baca: Link sscn.bkn.go.id Sulit Diakses, BKN Anjurkan Calon Pelamar Pendaftaran CPNS 2018 Lakukan Ini

Baca: Syarat & Dokumen Penting Mendaftar CPNS, Link sscn.bkn.go.id Pendaftaran CPNS 2018 Klik Disini!

Baca: Link sscn.bkn.go.id Bisa Diakses Jam 13.00 WIB, Cara Daftar & Login ke Situs Pendaftaran CPNS 2018

Upaya penangkapan itu sempat menghebohkan kawasan yang berada di Jalan Nasional tersebut.

Pelaku langsung digelandang ke Mapolsek Kusan Hilir untuk proses lebih lanjut. Dari hasil pengakuan pelaku, dia masih belum sempat menjual miliknya dan kembali akan melancarkan aksinya yang ketiga kalinya namun polisi lebih dulu menghentikan pergerakannya itu.

Kapolsek Kusan Hilir, Iptu Moersani melalui Knit Reskrimnya Bripka Zulhan, mengatakan prnngkapan itu dilakukan setelah mendapatkan petunjuk dan melihat pelku sedang berada di bengkel. Sebab, pelaku merupakan pegawai bemgkel yangemgetahui seluk beluk kendaraan.

Dua sepeda motor yang dicurinya itu, semuanya dicuri di plataran rumah warga. Tkp pertama dilakukan di wilayah Desa Salimuran pada Minggu (16/9/18) sekitar pukul 23.00 wita sepeda motor jenis Honda Beat dan satunya di di Desa Barugelang pada Senin (17/9/18) sekitar pukul 01.00 wita, jenis Yamaha yang telah dimodifikasi menjadi motor trail.

Menurut Zulhan, usai melakukan pencurian pertama di pelataran rumah korabannya, pelaku justru terjatuh dan masuk sawah. Tak sanggup mengangkat sepeda motornya, pelaku justru meninggalkannya begitu saja.

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) RCTI Valencia vs Juventus Liga Champions Malam ini

Baca: Hasil (Skor) Akhir Martapura FC vs PSIM Yogyakarta, Ini Strategi Pelatih yang Bikin MFC Unggul 3-0

Baca: Siaran Langsung Liga Champion Malam Ini Real Madrid vs AS Roma Live RCTI, Valencia vs Juventus

Baca: Niat Puasa Asyura 10 Muharram, 20 September, Allah SWT Ganjar Pahala Setara 10.000 Orang Mati Syahid

Setelah itu, pelaku langsung mencari mangsa lain di Desa Barugelang dan mendapati motor trail di depan rumah korbannya. Sepeda motor itu langsung dibawa kabur, bahkan malam itu juga pelaku langsung menuju Lontar untuk melarikan diri. Namun pada Rabu pagi, pelaku sudah kembali ke Tanbu dan polisi langsung menangkapnya.

"Jadi pelaku ni ditangkap saat mau cari mangsa lagi. Untungnya saat berada di bengkel tempatnya bekerja, kami melihatnya dan langsung menangkap pelaku. Ciri-ciri pelaku sudah diketahui karena ada orang yang sempat melihat pelaku saat terjatuh d isawah dengan sepeda motor hasil curiannya itu hingga akhirnya pelaku diringkus," katanya.

Menurut Zulhan, pelaku memang bukan residivis namun memang sering mabuk-mabukan dan meresahkan warga.

"Atas perbuatannya, pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman minimal 5 tahun penjara," katanya. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved