Ekonomi dan Bisnis

130 Juta Lebih Masyarakat Indonesia Pake Internet, Peluang Bisnis Pun Terbuka

M Solihin Fikri, dari total sekitar 265 juta masyarakat Indonesia separuhnya sudah mengenal internet.

130 Juta Lebih Masyarakat Indonesia Pake Internet, Peluang Bisnis Pun Terbuka
Achmad Maudhody
Pelaku UMKM di Banjarmasin dan sekitarnya tak hanya miliki toko fisik tapi juga pasarkan produk secara online. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Makin murah dan mudahnya akses internet di Indonesia perbesar penetrasi internet di masyarakat dan terus tingkatkan jumlah masyarakat yang akses platform belanja online.

Dijelaskan Head of Comnunity Management Bukalapak, M Solihin Fikri, dari total sekitar 265 juta masyarakat Indonesia separuhnya sudah mengenal internet.

Karena itu peluang untuk memasarkan produk secara online baik melalui media sosial, laman website, maupun marketplace online makin terbuka lebar.

Baca: Formasi CPNS 2018 Kemendikbud RI dan Syarat Bisa Diakses di Pendaftaran Online Sscn.bkn.go.id

"Sebagai marketplace online, Bukalapak rata-rata dikunjungi 10 juta pengguna internet dalam sehari. Kalau dibandingkan dengan mall konvensional jumlah ini cukup besar," kata Fikri.

Menurutnya, tak hanya di kota-kota besar, cukup banyak juga pengusaha di Kota Banjarmasin dan sekitarnya sudah akrab dengan digital marketing.

Baca: Resep Jitu Bikin Bubur Asyura, Sajian Khusus Setiap 10 Muharram 1440 H, Dibuat Saat Puasa Asyura

Buktinya, berbagai produk khas lokal Kalimantan Selatan (Kalsel) termasuk produk kerajinan seperti kain sasirangan, lampit rotan hingga sederet jajanan lokal dapat dengan mudah ditemukan di berbagai marketplace online.

"Dengan jumlah pengguna internet yang banyak, pedagang harus jitu pilih dan tuju segmen pasar sesuai produk yang dijualnya," kata Fikri.

Menurutnya, walaupun jumlah pengguna internet besar, namun masih ada separuh lagi jumlah masyarakat Indonesia yang belum akrab dengan internet dan menjadi peluang yang masih bisa digali. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved