Berita Banjar

Jawaban PDAM Intan Banjar Soal Tudingan Pipa Bocor Jadi Penyebab Jalan Longsor

Warga Desa Dalampagar Rt 01 Kecamatan Martapura Timur langsung berlari ke teras rumahnya, ternyata adalah longsor, Rabu (19/9/2018).

Jawaban PDAM Intan Banjar Soal Tudingan Pipa Bocor Jadi Penyebab Jalan Longsor
banjarmasin post group/ hasby suhaily

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA -  Bahrudin seusai melaksanakan salat maghrib terkejut mendengar bunyi yang cukup keras seperti leduman.

Warga Desa Dalampagar Rt 01 Kecamatan Martapura Timur langsung berlari ke teras rumahnya untuk melihat apa sebenarnya yang terjadi, ternyata adalah longsor, Rabu (19/9).

Sejak kejadian longsor pertama itu, dirinya waswas dan tidak bisa tidur sehingga tetap berjaga di teras rumahnya sembari menyaksikan jalan beton persis depan tempat tinggalnya yang bertahap amblas atau longsor hingga tengah malam.

Jalan tersebut boleh dibilang jalan utama desa, atas kejadian tersebut terpaksa harus berhati-hati beraktifitas karena khawatir kalau terjadi longsor susulan.

Baca: Persyaratan Wajib Calon Pendaftar CPNS 2018 di Kemendikbud, Aturan & Akses sscn.bkn.go.id

Baca: Sembilan Pelajar ABK Dicegat Di Bandara Syamsudin Noor, Ini Penyebabnya

"Longsornya sedikit demi sedikit, mengenai jamban di Sungai Martapura, tidak ada tambak ikan. Mudah-mudahan bisa cepat diatasi, karena ini boleh dibilang jalan utama, saat haulan Datu Kelampayan jamaah sampai menggelar sajadah di badan jalan yang longsor ini," katanya, Kamis (20/9).

Warga Desa Dalampagar Rt 01 Kecamatan Martapura Timur, Jazuli juga terkejut mendengar bunyi yang agak keras dari depan rumahnya. Dirinya juga berjaga di teras rumahnya, sampai longsor benar-benar berhenti, namun Jazuli tetap memilih bertahan dan tidak mengungsi.

"Sampai jam 12 malam longsornya. Bersyukur tidak ada korban jiwa dan mudah-mudahan cepat diatasi," imbuhnya.

Warga Desa Dalampagar, Salmani mengatakan, kejadian dua kali yakni sehabis mahgrib dan tengah malam. Dirinya sempat panik melihat kejadian tersebut, berlarian keluar rumah melihat apa sebenarnya yang terjadi.

Baca: Takut Lantai Ambruk, Rencana Perbaikan Lantai Pelabuhan Panjang Kembali Dipertanyakan

“Dua kali kejadiannya. Kami sebenarnya sudah lama mengeluhkan ada pipa PDAM yang bocor, tetapi laporan kami tidak ditanggapi. Air PDAM yang bocor masuk ke dalam rongga-rongga tanah,” katanya

Camat Martapura Timur, Syaifullah Effendi mengharapkan atas kejadian tersebut menjadi perhatian Pemkab Banjar dalam membangun atau meningkatkan infrastruktur jalan di desa-desa.

Halaman
12
Penulis: Hasby
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved