Tahun Baru Islam

Niat Puasa Ayyamul Bidh 13, 14, 15 Muharram Serta Keutamaan Bagi yang Mengamalkannya

Puasa Ayyamul Bidh tidak hanya dilaksanakan setiap bulan Muharram saja, tapi pada setiap tanggal 13, 14, dan 15

Niat Puasa Ayyamul Bidh 13, 14, 15 Muharram Serta Keutamaan Bagi yang Mengamalkannya
NU Online
Iluastrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID – Pada bulan Muharram ini, selain melaksanakan puasa Tasu’a dan puasa Asyura, ternyata ada pula puasa yang dilaksanakan pada tanggal 13,14, dan 15 Muharram.

Puasa Ayyamul Bidh tidak hanya dilaksanakan setiap bulan Muharram saja, tapi pada setiap tanggal 13, 14, dan 15 bulan-bulan lain dalam kalender hijriah.

Sebelum melaksanakan ibadah tersebut, kamu harus memperhatikan bacaan niat Puasa Ayyamul Bidh yang dilaksanakan setiap tanggal 13, 14, dan 15 bulan Hijriyah.

Sehubungan saat ini umat muslim tengah berada di bulan Muharram, yang sebelumnya telah melaksanakan puasa Tau’a dan asyura, bisa melaksanakan Ayyamul Bidh tiga hari lagi.

Baca: Ada 3 Keutamaan Menjalankannya Puasa Asyura 10 Muharram, Hari Ini Kamis 20 September

Dalam kalender Arab, saat ini kita tengah berada di bulan Muharram yang termasuk Al-Asyhurul Hurum.

Pada pengertiannya, Al-Asyhurul Hurum merupakan bulan yang dimuliakan Allah Swt dan apabila umat islam mengerjakan amalan-amalan kebaikan yang salah satunya adalah puasa pada bulan Muharram.

Baca: Resep Bubur Asyura, Cara Mudah Memasak Bubur Asyura 10 Muharram 1440 H

Dikutip Banjarmasinpost.co.id dari situs Nahdlatul Ulama Online atau nu.or.id, Imam Syafi'i menerangkan bahwa puasa di bulan Muharam disunahkan sebagaimana dijelaskan Imam Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim.

Al-Qurthubi, seperti yang dikutip As-Suyuthi dalam Ad-Dibaj 'ala Shahih Muslim menjelaskan bahwa puasa Muharram lebih utama karena merupakan awal tahun dan merupakan amalan utama mengawali tahun baru dengan berpuasa.

Baca: Niat Puasa Asyura 10 Muharram, 20 September, Allah SWT Ganjar Pahala Setara 10.000 Orang Mati Syahid

Adapun waktu puasa bulan muharram menurut Muhammad 'Abdurrahman bin 'Abdurrahim dalam kitab Tuhfatul Ahwadzi Syarah Jami' At-Turmudzi dijelaskan bahwa puasa bulan Muharram diawali pada tanggal 8 Muharram karena pada tanggal tersebut disebutkan bahwa amalan manusia akan diangkat.

Dilanjutkan dengan puasa di tanggal 9 dan 10 Muharram yang memiliki keutamaan yaitu dapat menghapus dosa yang telah dilakukan selama satu tahun kemarin.

Halaman
12
Penulis: Noor Masrida
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved