Berita Kotabaru

Polri Jamin Pemilu 2019 Aman, Polres Kotabaru Sebut Ada Potensi Kerawanan di Pilpres dan Pileg

Dikemukakan Suhasto pada apel gelar pasukan kepolisian terpusat Mantap Brata Intan 2018 di Siring Laut Kabupaten Kotabaru

Polri Jamin Pemilu 2019 Aman, Polres Kotabaru Sebut Ada Potensi Kerawanan di Pilpres dan Pileg
Istimewa
Jajaran Polres Kotabaru melaksanakan simulasi situasi pengamanan kota (Sispamkota) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kotabaru AKBP Suhasto MH Sik menyatakan, Polri terus bekerja keras dan menjamin penyelenggaraan Pemilihan Umum 2019 berjalan dengan aman dan damai.

Dikemukakan Suhasto pada apel gelar pasukan kepolisian terpusat Mantap Brata Intan 2018 di Siring Laut Kabupaten Kotabaru, kemarin.

Menurut dia, pemilu 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas karena untuk pertama kali pemilu legislatif (pileg) dan pemilu presiden (pilpres) 2019 dilaksanakan serentak.

Baca: Link Live Streaming China Open 2018 - Marcus/Kevin dan Jonatan Christie Main!

Kondisi ini menuntut adanya upaya maksimal peserta pemilu dalam berkompetisi secara ketat untuk meraih suara sebanyak-banyaknya.

Baca: Ada 878 Formasi CPNS 2018 untuk Lulusan SMA di Kemenkumham, Buruan Adik-adik Jangan Telat!

“Peningkatan intensitas kegiatan politik ini tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan," katanya.

Menjadi perhatian seperti penyebaran isu yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa, penyebaran hoax dan ujaran kebencian yang berpotensi menimbulkan konflik sosial di tengah kehidupan bermasyarakat.

Ditambahkan dia, maka dari itu polri dibantu TNI dan pemangku kepentingan lainnya menggelar operasi kepolisian terpusat. Dengan sandi Mantap Brata.

Baca: Penerimaan CPNS 2018 di BKN dan Persyaratannya Bisa Diakses di Pendaftaran Online Sscn.bkn.go.id

Operasi berlangsung 397 hari terhitung dari 20 September 2018 sampai 21 Oktober 2019 di seluruh wilayah Indonesia dengan melibatkan 272.886 personel Polri.

"Operasi ini dilaksanakan dengan mengedepankan kegiatan prehentif dan preventif yang didukung kegiatan intelijen, penegakkan hukum, kuratif dan rehabilitasi melalui penggelaran fungsi-fungsi kepolisian," ujarnya.

Baca: Bubur Asyura Desa Simbar Tapin Dilengkapi Ayam Jago

Selain itu, Suhasto menekankan beberapa hal yaitu, memperkuat soliditas dan sinergitas TNI-Polri guna mewujudkan Pemilu 2019 yang aman dan damai.

Apel gelar pasukan juga diisi pembacaan sekaligus penandatangan deklarasi damai oleh partai politik peserta Pemilu 2019. Kemudian diakhiri simulasi sispamkota oleh anggota Polres Kotabaru sekaligus persiapan menangani potensi konflik dalam penyelenggaraan pemilu.

(BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved