Berita Banjarmasin

Warga Jalan Garuda Kompleks PBB Membuat Bubur Asyura, Setelah Masak Dibagi ke Tetangga

Pembuatan bubur ini bertepatan hari ini tanggal 10 Muharam yang mana jatuh pada Kamis hari ini dan dilaksanakan serentak.

Warga Jalan Garuda Kompleks PBB Membuat Bubur Asyura, Setelah Masak Dibagi ke Tetangga
banjarmasinpost.co.id/jumadi
Puluhan warga Jalan Garuda RT11, Kompleks Perumahan Bumi Basirih, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin membuat bubur Asyura, Kamis (20/9/2018) siang 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Puluhan warga Jalan Garuda RT11, Kompleks Perumahan Bumi Basirih, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin bergotong-royong membuat bubur Asyura, Kamis (20/9/2018) siang.

Pembuatan bubur ini bertepatan pada hari ini tanggal 10 Muharam yang mana jatuh pada Kamis hari ini dan dilaksanakan serentak.

Rahmadi, H Suhari dan Hendrik warga sekitar selaku koordinator pembuatan bubur Asyura mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sudah 13 tahun yang lalu dan dilaksanakan pada setiap tanggal 10 Muharram. Dulunya mereka yang memasak bubur adalah laki-laki, dan sekarang dilakukan oleh wanita atau ibu-ibu.

Dikatakannya, jumlah beras yang dimasak sebanyak 15 liter dengan 41 macam rempah-rempah, ayam dan daging. Setelah bubur masak, maka akan dibagikan ke tetangga atau mereka yang datang dengan membawa rantang.

"Semua bubur yang dimasak kami bagikan ke warga sekitar,"ungkap Rahmadi.

Baca: Hasil China Open 2018 - Marcus/Kevin Taklukkan Wakil Thailand Dalam Waktu 23 Menit

Baca: Formasi CPNS 2018 Kemenkeu dan Persyaratannya Bisa Diakses di Pendaftaran Online Sscn.bkn.go.id

Baca: Formasi CPNS 2018 BKN dan Persyaratannya Bisa Diakses di Pendaftaran Online Sscn.bkn.go.id

Seperti diketahui, mendengar kata 'Asyura' bagi masyarakat Indonesia, khususnya di Kalsel, selalu indentik dengan pembuatan bubur. Hari Asyura merupakan hari ke 10 pada bulan Muharam yang merupakan bulan pertama dalam tahun Islam.

Menurut bahasa, Asyura sendiri berarti sepuluh dan apabila diartikan merupakan hari kesepuluh pada bulan muharam. Bulan Muharam merupakan bulan pertama dan utama dalam Islam. (banjarmasinpost.co.id/jumadi)

Penulis: Jumadi
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved