Berita Batola

Pemkab Batola Ngaku Tak Berdaya Sikapi Banyak Honor K-2, Gagal Ikut Seleksi CPNS 2018

“Yaa mau bagaimana lagi. Ini sudah menjadi kebijakan pemerintah pusat. Bagi honor K-2 yang masih mau mengabdi"

Pemkab Batola Ngaku Tak Berdaya Sikapi Banyak Honor K-2, Gagal Ikut Seleksi CPNS 2018
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
Sektretaris Daerah Kabupaten Batola Supriyono 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemkab Batola, mengaku tak berdaya untuk menyikapi kebijakan pemerintah pusat yang melakukan pembatasan honor K-2 yang bisa ikut seleksi CPNS 2018 ini. Untuk sementara ini, umur honor K-2 yang umurnya mencapai 35 tahun tak bisa lagi mendaftar CPNS.

“Yaa mau bagaimana lagi. Ini sudah menjadi kebijakan pemerintah pusat. Bagi honor K-2 yang masih mau mengabdi di Pemkab Batola, akan tetap kita tampung,” kata Sekda Batola, Supriyono, Kamis (21//9/18).

Kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batola, Sumarji, menjelaskan kuota seleksi CPNS 2018 untuk kategori honorer guru (K-2) di Kabupaten Batola cuma 9 orang. Sementara honorer kategori K-2 di Batola ada sekitar 186 orang. Rata-rata usia honorer K-2 ini berusia di atas 35 tahun.

Baca: Daftar Formasi CPNS 2018 Terbanyak dan Tersedikit Dicari, Link sscn.bkn.go.id, Pendaftaran CPNS 2018

“Kalau seleksi CPNS untuk honorer K-2 di batasi usianya, kasihan mereka. Para honorer K-2 ini mereka banyak tahun 2005 ke bawah dan usianya di atas 35 tahun,” kata Sumarji.

Baca: Formasi CPNS 2018 Provinsi Jawa Timur 826 Lowongan di Pendaftaran Sscn.bkn.go.id

Menurut Sumarji, saat ini honorer K-2 tahun 1995 juga ada. Diharapkan ke depan, para honorer K-2 lebih dihargai dan bisa ikut seleksi CPNS 2018 ini. Honorer K-2 itu rata-rata usianya sudah 34 tahun. Jika mereka tertunda dalam seleksi CPNS sampai dua tiga tahun berikutnya, maka kesempatan untuk ikut seleksi CPNS hilang selamanya.

“Saat ini Batola kurang tenaga pendidik sampai 700 orang. Setiap tahun, guru pensiun di Batola mencapai 70 sampai 75 orang. Kalau penerimaan CPNS guru SD di Batola itu cuma 45 orang saja, berarti sama jumlah guru yang pensiun tahun ini saja.

Baca: Ladyfire, dari Aksi Memadamkan Api Hingga Menjadi Suntikan Semangat Kaum Adam di BPK

Secara pribadi, Sumarji ingin semua honorer diberi kesempatan untuk mengikuti seleksi CPNS 2018 ini. Kalau mendengarkan keluhan guru di lapangan yang telah mengabdi selama 20 tahun, sangat kasihan sekali.

“Kita juga kuatir kuota honorer K-2 sebanyak 9 orang itu terbagi juga di dinas-dinas lainya,” tegas Sumarji.

(Banjarmasinpost.co.id/Edi Nugroho)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help