Kalsel Bergerak

Gubernur Kalsel Raih Award Keuangan

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati memberikan penghargaan kepada delapan orang gubernur, salah satunya Gubernur Kalsel

Gubernur Kalsel Raih Award Keuangan
humpro Kalsel untuk bpost online
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor diwakili Inspektur Provinsi Hj Awi Sundari SH, menerima Plakat Penghargaan dari Kemenkeu RI Sri Mulyani Indrawati atas keberhasilan Pemprov Kalsel dalam mempertahankan oponi WTP lima kali berturut turut sejak 2013 sampai 2017, Kamis (20/9). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati memberikan penghargaan kepada delapan orang gubernur, salah satunya Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, di Jakarta (20/09).

Penghargaan itu diberikan atas keberhasilan Pemprov Kalsel dalam mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI, untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) selama lima kali berturut-turut, sejak 2013 sampai dengan 2017.

Selain Gubernur Kalsel, Menkeu juga membetikan penghargaan kepada tujuh gubernur lainnya dengan prestasi serupa.

Mereka adalah Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur DI Yogyakarta Hamengkubuwono X, Gubernur NTB M Zainul Majdi.

Berikutnya Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi dan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie

Bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, raihan opini WTP selama dua tahun terakhir, yakni 2016 dan 2017, di era kepemimpinan Gubernur H Sahbirin Noor dan Wakil Gubernur Rudy Resnawan melanjutkan capaian 3 tahun sebelumnya, boleh dikatakan masa cukup rumit.

Pasalnya, adanya pemberlakuan Undang Undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah terkait kebijakan pelimpahan kewenangan beberapa urusan pemerintahan dari kabupaten/kota kepada pemerintah provinsi dengan segala konsekuensinya terutama terkait dengan personil, pembiyaan dan prasarana daerah yang cukup kompleks.

Berkat perhatian luar biasa pimpinan daerah, Pemprov Kalsel berhasil melewati masa krusial tersebut dengan menempatkan tata kelola keuangan dan aset menjadi salah satu bidang kerja terpenting untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi pemerintah daerah.

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani memberikan apresiasi tinggi kepada kepala daerah, baik gbernur, wali kota, bupati dan pimpinan kementerian atas capaian dalam mempertahankan opini WTP dari BPK RI, selama lima kali berturut-turut

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada kepala daerah, pimpinan lembaga kementerian atas penghargaan nasional di bidang tata kelola keuangan. Terus tingkatkan dan pertahankan,” ucap Menkeu Sri Mulyani, pada acara penyerahan plakat penghargaan kepada daerah dan kementerian negara yang berhasil mempertahankan WTP lima kali berturut-turut, Kamis (20/9).

Kegiatan berlangsung di Gedung Dhanapala Kemenkeu RI di Jakarta, Sri Mulyani, juga menekankan pentingnya pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten/kota serta lembaga kementerian untuk terus berusaha meningkatkan kinerja tata kelola keuangan sesuai peraturan pemerintah.

Prestasi nasional yang diberikan pemerintah, sebut Sri Mulyani, juga tidak lepas dari dorongan dan atensi penting petinggi pemerintahan bersama stakeholder termasuk lembaga legislatif dalam kerja bersama meningkatkan kinerja tata kelola keuangan daerah.

Sementara Inspektur Provinsi Kalsel Hj Awi Sundari, SH mewakili Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, usai menerima penghargaan mengatakan, prestasi nasional di bidang tata kelola keuangan bagi Pemprov Kalsel adalah prestasi kerja bersama.

Penghargaan tersebut, lanjut Awi Sundari, tidak lepas dari perhatian pimpinan daerah dan lembaga legislatif yang memberikan atensi luar biasa bagi upaya peningkatan kinerja tata kelola keuangan dan aset.
Senada dengan Awi Sundari, Kepala Badan Keuangan Daerah Kalsel, H Aminudin Latif, menambahkan, keberhasilan dalam mempertahan opini positif BPK RI selama lima kali berturut-turut salah satunya berkat arahan pimpinan daerah terkait pentingnya sinergitas, soliditas, kesungguhan, keikhlasan menjadi kata kunci untuk meraih sukses bersama dalam mewujudkan Kalsel semakin bergerak MAPAN- Mandiri dan Terdepan, Lebih Sejahtera, Berkeadilan, dan Berdaya Saing. (*/aol)

Penulis: Milna Sari
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved