Berita Kalteng

Sering Minta Dana Penyertaan Modal, BUMD Jadi Sorotan Dewan Kalteng

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah menyoroti, pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)

Sering Minta Dana Penyertaan Modal, BUMD Jadi Sorotan Dewan Kalteng
tribunkalteng.co/fathurahman
Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran saat memantau Bank Kalteng, beberapa waktu yang lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah menyoroti, pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang selama ini banyak mendapat suntikan dana dari APBD setempat.

Beberapa jenis BUMD yang jadi sorotan dewan tersebut antara lain, seperti PT Jamkrida, pengelolaan Hotel Dandang Tingang, yang dikelola oleh PT Banama Tingang Makmur dan Bank Kalteng.

Juru Bicara Fraksi Partai Golkar DPRD Kalteng, MH Rizal, mempertanyakan adanya rencana penyertaan modal yang akan diberikan kepada kepada BUMD yang menggunakan dana APBD Perubahan.

Baca: BKN Umumkan Formasi dan Syarat Jadi PNS di BKN Pusat dan Regional, Seleksi CPNS 2018 3 Hari Lagi

"Apakah perubahan APBD 2018 mampu mendukung peningkatan penyertaan modal pemerintah daerah sebagai wujud tanggungjawab untuk memenuhi ketentuan perda tentang penyertaan modal," ujarnya.

Dikatakan, Pemerintah melalui BUMD berkewajiban dalam peningkatan pendapatan asli daerah serta peningkatan perekonomian masyarakat Kalteng.

Baca: 3 Hari Lagi Pendaftaran CPNS 2018 di Sscn.bkn.go.id, Kemenkominfo Buka Formasi 291 Posisi

"Dengan adanya BUMD tersebut diharapkan terjadi pertumbuhan perekonomian masyarakat melalui usaha kecil menengah. Bank Kalteng harus mampu membeikan pelayanan dan produk unggulan serta meningkatkan pelayanan hingga ke posok," ujarnya.

Hal yang sama diungkapkan, anggota Komisi B DPRD Kalteng, Ergan Tunjung yang mempertanyakan, kinerja BUMD melelalui PT Banama Tingang Makmur yang selama ini terkesan belum bisa meraiu untung dalam pengelolaan usaha sedang penyertaan modal sudah banyak diberikan.

www.banjarmasinpost.co.id / faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help