Berita Batola

Setiap Tahun Batola Kehilangan 85 Orang PNS, Rekrut Guru Honorer Solusi Sementara

Dan selama empat tahun terakhir, baru ada penerimaan CPNS yang digelar tahun ini. Ini merupakan kebijakan pemerintah pusat.

Setiap Tahun Batola Kehilangan 85 Orang PNS, Rekrut Guru Honorer Solusi Sementara
istimewa
Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Batola Ir Supriyono saan memberi pengarahan kepada SKPD. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Di Kabupaten Batola setiap tahun diperkirakan sebanyak 85 orang pegawai negeri sipil (PNS) menjalani masa pensiun.

Dan selama empat tahun terakhir, baru ada penerimaan CPNS yang digelar tahun ini. Ini merupakan kebijakan pemerintah pusat.

“Dengan kebijakan pemerintah pusat ini, kita ngga bisa berbuat apa-apa. Setiap tahun PNS yang pensiun di Batola sebanyak 85 orang,” tegas Sekretaris Kabupaten Batola, Supriyono, Minggu (23/9/18).

Tahun ini, sambung Sekda, seleksi CPNS tahun ini terbanyak formasinya yakni tenaga guru dan kesehatan. Tenaga kesehatan dan guru ini mutlak karena tak bisa digantikan dengan mesin seperti tenaga adminitrasi.

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) Beinsport 1 Arsenal vs Everton Liga Inggris Pekan 6 Malam Ini

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batola, Sumarji . Kabupaten Batola masih kekurangan guru untuk jenjang SD dan SMP yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS). Untuk mengatasi kekurangan guru PNS baik jenjang SD dan SMP, maka diambil kebijakan untuk merekrut guru honor.

“Iya seperti di jenjang SD saat ini diambil kebijakan merekrut guru honor untuk mengatasi kekurangan guru PNS.,” katanya.

Baca: Inilah 3 Minuman yang Bisa Turunkan Gula Darah Tinggi di Tubuh Anda

Menurut Sumarji, saat ini perekrutan guru honor di Kabupaten Batola tak bisa dihindarkan dan bertambah terus. Sebab, saat ini belum ada penerimaan pegawai negeri sipil dan pensiun para pegawai atau guru itu berlangsung terus.

“Setiap tahun di Kabupaten Batola itu yang pensiun dan meninggal itu 70 orang dan jika selama tiga tahun saja maka pegawai berkurang ratusan orang,” katanya.

Baca: Sekda Batola: Solar Cell PJU Jembatan Barito Tanggungjawab Balai Jalan Nasional

Menurutnya, saat ini untuk jenjang guru SD saja, kekurangan guru CPNS itu mencapai 600 orang. Dan, solusinya itu harus merekrut guru honor. Mengajar di kelas itu beda dengan di kantor.

“Di kantor, satu PNS pensiun itu dikerjakan yang lain. Di kantor itu dua pekerjaan itu dikerjakan satu orang. Nah, kalau ngajar tak bisa. Satu guru kelas tak masuk, pasti akan ribut,” tegas Sumarji.

Baca: Polwan Cantik Berpostur Semampai Ini Mengaku Jadi Atlet Voli Tak Menjamin Masa Depannya

Dijelaskannya, perekrutan guru honor baik untuk SD dan SMP itu merupakan solusi sementara. Nah, kalau ada penerimaan CPNS untuk guru di Kabupaten Batola, maka dengan sendirinya perekrutan guru honor akan distop.

(Banjarmasinpost.co.id/Edi Nugroho)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help