Pilpres 2019

Ada Relawan yang Provokatif, KPU dan Bawaslu Didesak Bersikap ini

Jaringan Relawan Prabowo-Sandi (JARPAS) juga menyesalkan perilaku provokatif yang dilakukan relawan yang terlihat menggunakan atribut

Ada Relawan yang Provokatif, KPU dan Bawaslu Didesak Bersikap ini
BPost Cetak
bpost

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Jaringan Relawan Prabowo-Sandi (JARPAS) juga menyesalkan perilaku provokatif yang dilakukan relawan yang terlihat menggunakan atribut "Projo" dan "GOJO" tersebut.

"Yang mana orang-orang yang terlihat memakai atribut "PROJO" dan "GOJO" itu sambil mengibar-ngibarkan bendera bertuliskan "PROJO" dan "GOJO" disertai teriakan "Jokowi-Jokowi" di sebelah kanan dan kiri mobil golf yang di kendarai rombongan Susilo Bambang Yudhoyono, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Sekjen PAN, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edi Baskoro," ujar Yahdil Abdi Harahap, Dewan Pimpinan Nasional JARPAS.

Menurut Yahdil, mereka telah melakukan provokasi terhadap rombongan Ketum Partai Demokrat dan Ketum PAN sehingga membuat tidak nyaman lagi untuk melanjutkan karnaval tersebut.

Baca: 5 Fakta Tewasnya The Jakmania, Bikin Tambah Angker Laga Maut Persib vs Persija

Kondisi ini tentu sangat memprihatikan mengingat pentingnya acara tersebut terutama menciptakan kondisi damai menjelang pemilu 2019.

"JARPAS sangat mendukung dengan apa yang telah dilakukan rombongan Ketum Partai Demokrat SBY dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang memilih tidak melanjutkan karnaval karena situasinya tidak kondusif lagi dan tidak seperti yang diharapkan sebagaimana tujuan awal dari acara kampanye damai tersebut," katanya.

Yahdil berujar, dalam aturan kampanye damai sebagaimana diatur oleh KPU dan telah disosialisasikan ke semua perwakilan partai politik peserta pemilu bahwa peserta karnaval yang meliputi partai peserta pemilu menggunakan pakaian adat dan menggunakan atribut partai yang telah disediakan oleh KPU.

Baca: Prabowo-Sandiaga Bakal Fokus Soal Penyediaan Lapangan Kerja dan Terkait Harga Bahan Pokok

Baca: Kampanye Dimulai, Inilah Saham-saham yang Perlu Diwaspadai Jelang Pilpres 2019

Tetapi realita di lapangan banyak atribut-atribut yang diindikasikan sebagai partai pendukung Jokowi dan atribut-atribut yang diindikasikan sebagai relawan Jokowi berkibar bebas di seputar lokasi acara kampanye damai yang dilalui oleh rombongan peserta karnaval.

"Kami sebagai salah satu relawan Prabowo-Sandi sengaja tidak membawa-bawa atribut partai dan relawan Prabowo-Sandi karena mengikuti aturan yang ditetapkan oleh KPU terkait kampanye damai tersebut," katanya.

JARPAS menurut Yahdil mendesak KPU dan Bawaslu bersikap tegas terhadap pihak-pihak yang tidak taat aturan yang ditetapkan.

Baca: Suka Marahi di Tempat Umum, Alasan Shinta Bachir Batalkan Pernikahan dengan Idham Masse

Karena pengibaran bendera partai dan atribut lainnya yang bukan disediakan oleh KPU juga beredar di lokasi acara.

"Ini tentu menjadi catatan serius untuk KPU dan Bawaslu ke depannya untuk tetap bersikap tegas dan netral," pungkasnya.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help