Banjarbaru Berinovasi

Kampung KB tak berarti semua warganya pakai KB, berikut penjelasannya

Kampung KB di Komplek Wengga RT 04 RW 05 Kelurahan Landasan Ulin Utara Kecamatan Liang Anggang telah dicanangkan.

Kampung KB tak berarti semua warganya pakai KB, berikut penjelasannya
humas Pemko Banjarbaru
Istri Wali Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani saat pencanangan Kampung KB di Komplek Wengga RT 04 RW 05 Kelurahan Landasan Ulin Utara Kecamatan Liang Anggang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU,- Kampung KB di Komplek Wengga RT 04 RW 05 Kelurahan Landasan Ulin Utara Kecamatan Liang Anggang telah dicanangkan. Dihadiri langsung wakil Wali kota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan.

Pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan untuk kader Posyandu, Puskesmas, Kunci Balai Penyuluh KB, Honor PPKBD dan bibit jagung serta cabai hiyung secara simbolis. Serta penyerahan sumbangan untuk bencana gempa Lombok dari Disdalduk KB PMP dan PA Banjarbaru, LPM, PLKB, PPKBD (kader KB) sebesar Rp. 22.500.000,- kepada Wakil Walikota Banjarbaru.

Turut hadir Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani dan Kepala Disdalduk KB PMP dan PA Kota Banjarbaru Ir Hj Puspa Kencana, juga Ketua DPRD Banjarbaru H AR Iwansayah, Kepala SKPD, Perwakilan BKKBN Prov Kalsel Dra Meiratnawati, Camat Liang Anggang, Lurah se Kecamatan Liang Anggang.

Hadir pula Ketua Gatriwara Kota Banjarbaru Hj Nahdatun Nusrah dan Karina Shopia Nadjmi Adhani.

Perwakilan BKKB Prov Kalsel Dra Meiratnawati menyampaikan bahwa Secara umum, tujuan dibentuknya Kampung KB ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Sedangkan secara khusus, Kampung KB ini dibentuk selain untuk meningkatkan peran serta pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat untuk menyelenggarakan program KKBPK dan pembangunan sektor terkait, juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan.

"Dalam rangka penguatan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga 2015-2019, BKKBN menyusun suatu kegiatan yang dapat memperkuat upaya pencapaian sasaran yang secara langsung bersentuhan dan memberikan manfaat kepada masyarakat, salah satunya dengan membentuk Kampung KB. ," Ujar Wakil Wali kota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan

Ingat, pemahaman yang keliru mengenai Kampung KB, bila dianggap Kampung KB adalah bukan berarti meng-KB-kan seluruh warga di kampung tersebut. " Kampung KB adalah suatu wilayah setingkat RW, dusun atau setara yang memiliki kriteria tertentu, dimana terdapat keterpaduan program kependudukan, Keluarga Berencana, pemberdayaan keluarga dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis," katanya.

wujud pendekatan pelayanan kepada keluarga, mengintegrasikan program lintas sektor dalam memberikan pelayanan kepada keluarga, serta membangun rasa memiliki keluarga dan masyarakat terhadap pembangunan daerah. (*/AOL)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved