Berita Tanahbumbu

Madu Kelulut Bisa Sembuhkan Mag Akut dan Asma, Pemilik Harus Berani Masuk Hutan Malam Hari

Biaya yang dikeluarkan juga tak sedikit. Pengorbanan untuk mendapatkan kelulut juga tak semudah yang dibayangkan.

Madu Kelulut Bisa Sembuhkan Mag Akut dan Asma, Pemilik Harus Berani Masuk Hutan Malam Hari
Banjarmasinpost.co.id/Man hidayat
Tempat penangkaran madu kelulut milik Muhammad Idris di Kusan Hilir, Pagatan, Tanahbumbu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Saat ini, belum semua masyarakat tahu dengan madu Kelulut sebab masyarakat lebih memilih madu lebah yang biasa dikonsumsi dan dijual dimana-mana.

Namun pada dasarnya, manfaat dari madu kelulut ini ternyata sangat bagus bagi tubuh. Madu ini sangat baik bagi kesehatan dan bisa menyehatkan sejumlah penyakit pada tubuh manusia.

Pengelola budidaya Madu Kelulut ini misalnya, Muhammad Idris sudah melakukan budidaya sekitar 2 tahun. Manfaat budidaya madu kelulut ini ternyata tidak mudah seperti yang dibayangkan.

Biaya yang dikeluarkan juga tak sedikit. Pengorbanan untuk mendapatkan kelulut juga tak semudah yang dibayangkan. Pasalnya, untuk mencari bibit Kelulut ini, dia harus mencari ke hutan atau ke hutan bakau tempatnya bersarang.

Baca: Hasil Timnas U-19 Indonesia vs China di PSSI Anniversary Tournament 2018 : Skor 0-2 di Babak Pertama

Saat menemukan tempat hewan ini bersarang, tidak bis langsung diambil. Sebab, Kelulutnya belum semuanya terkumpul sehingga dianggap masih kurang efektif untuk diambil.

Untuk mendapatkan kelulut ini, pembudidayanya harus menunggu malam untuk mengambilnya. Setelah itu, baru bisa diambil saat kelulutnya baru berkumpul saat malam hari.

"Pertama ya harus begitu, harus ke hutan kalau sudah dapat ya tidak bisa langsung diambil juga. Nunggu malam, ya resikonya begitu, masuk hutan banyak nyamuk dan sebagainya tapi itu sudah biasa," katanya.

Namun segi manfaatnya luar biasa. Dia yang sempat menderita mag akut kini sudah sembuh dengan mengonsumsi madu kelulut tersebut. Dia sudah membuktikannya bahkan disekitar wilayahnya juga sudah dibuktikannya.

"Mag dan migran sudah terbukti dan penyakit lainnya. Madu ini sangat bermanfaat sekali karena banyak penyakit yang bisa sembuh dengan madu kelulut ini," katanya.

Baca: Pendaftaran CPNS 2018 di Sscn.bkn.go.id Dibuka Besok, Warga Ini Langsung Ubah Data E-KTP

Di antara penyakit yang bisa disembuhkan adalah mag, migran, asma, sakit kepala, sakit gigi, panas dalam, sariawan, menmbah stamina pria, kecantikan wanita hinggaasam urat.

Saat ini, budidayanya langsung dibawahi Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel yang tergabung dalam forum Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK). Dia mengelola budidaya kelulut itu di tempatnya tinggal di kawasan Desa Betung Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanahbumbu. Awalnya hanya beberapa stup, namun kini sudah berkembang hingga 60 stup (tempat sarang madu kelulut dari kayu)

"Saat ini sudah memproduksi madu kelulut. Butuh waktu panen hingga 6 bulan saat pertama budidaya. Selanjutnya perdua bulan sudah bisa kembali dipanen. Dan kini saya sudah bisa menjual hasilnya yang diberi nama Madu Berkah," katanya.
Sesuai dengan namanya, Madu Berkah, madu yang dijualnya asli tanpa campuran apapun. Pasalnya, dia sempat beberapa kali ditawari oleh oknum penjual madu. Madu satu botol bisa dicampur dan bisa menghasilkan beberapa botol madu, namu. Dia enggam menerimanya.

"Sering saya ditawari begitu, tapi saya disini mencari keberkahan untuk anak istri. Sesuai namanya, saya ingin madu kelulut ini beberkah dan tak ingin mencampurnya dengan apapun," katanya. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved