Ekonomi dan Bisnis

Serikat Saudagar Nusantara Menilai Potensi UKM Banjarmasin Sangat Besar

SSN menggelar Roadshow SSN di Banjarmasin, kumpulkan ratusan pengusaha mayoritas berskala UMKM

Serikat Saudagar Nusantara Menilai Potensi UKM Banjarmasin Sangat Besar
Achmad Maudhody
Ratusan peserta dari kalangan pengusaha mikro kecil dan menengah ikuti Roadshow Serikat Saudagar Nusantara di Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Lakukan riset dasar terkait demografi masyarakat Banjarmasin, Serikat Saudagar Nusantara (SSN) menilai potensi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Banjarmasin sangat besar.

SSN menggelar Roadshow SSN di Banjarmasin, kumpulkan ratusan pengusaha mayoritas berskala UMKM di Hotel Banjarmasin International, Selasa (25/9/2018).

Dijelaskan Founder dan Ketua Umum SSN, Rendy Saputra, Banjarmasin dipilih menjadi kota ke 11 dari 30 lebih kota lainnya sebagai lokasi Roadshow karena potensinya yang besar.

Menurutnya, dari total jumlah penduduk di Banjarmasin, sebanyak 5 persennya sudah merupakan pengusaha dan banyak diantaranya merupakan UMKM.

Baca: Jokowi Tak Lagi Bagi-bagi Sepeda Setelah Dapat Imbauan dari Bawaslu Jelang Pilpres 2019

Namun menurutnya tantangan bagi industri usaha di Banjarmasin dan Kalimantan Selatan (Kalsel) pada umumnya adalah terpakunya banyak pelaku usaha pada bisnis ekstraksi dan perdagangan saja.

Sedangkan bisnis di sektor industri pengolahan masih belum maksimal dan justru menjadi potensi yang dapat dikembangkan lebih jauh termasuk di bisnis dengan skala UMKM.

Baca: Korea Open 2018 - 3 Wakil Ganda Campuran Indonesia Mulai Berjuang, Hari Ini

"Ini menjadi tantangan yang cukup besar bagi pengusaha di sini agar bisa mulai lebih serius di industri pengolahan yang jadi potensi," kata Rendy.

Masalah seperti inilah menurutnya yang akan menjadi pembahasan dan dipecahkan dengan konsep sinergi antar pelaku usaha yang menjadi konsep dasar dibentuknya SSN.

"SSN ini berikan perhatian lebih pada lapis pengusaha UMKM yang secara nasional jumlahnya 54 juta data dari BPS dimana secara umum belum semuanya mendapat perhatian maksimal," kata Rendy.

Karena itu, selain dengan gelar coaching clinic rutin gratis bagi para UMKM, SSN juga integrasikan dan jembatani pengusaha kecil dengan pengusaha lebih besar di kelas menengah atau bahkan pengusaha besar dukung pengusaha kecil bisa lebih cepat berkembang.

Baca: Menikah dengan Daniel Rigan, Ini Penegasan Bella Shofie Soal Kabar Merebut Suami Orang

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved