Berita Banjarbaru

Jangan Takut Makan Ikan Haruan, Begini Cara Memasaknya

Dampak dari temuan ikan haruan atau gabus yang mengandung cacing di Tanahlaut sempat membawa dampak turunnya penjualan ikan haruan di Kalsel.

Jangan Takut Makan Ikan Haruan, Begini Cara Memasaknya
banjarmasinpost.co.id/ibrahim ashabirin
Ikan haruan atau ikan gabus 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Dampak dari temuan ikan haruan atau gabus yang mengandung cacing di Tanahlaut sempat membawa dampak turunnya penjualan ikan haruan di Kalsel.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel, Syaiful Azhari penjualan ikan haruan sempat menurun lima sampai tujuh persen.

Tak hanya penjualan yang menurun, harga ikan haruan juga sempat merosot lantaran kurangnya peminat untuk dikonsumsi.

Namun kini penjualan ikan haruan terangnya sudah kembali merangkak naik seiring berjalannya sosialisasi bahwa makan ikan sehat dan tak ada yang perlu dikhawatirkan makan ikan.

Baca: Guru Paling Banyak Dicari di CPNS 2018 Pemprov Kalsel, Ketentuan IPK dan Infonya Klik Linknya

Disebutkannya dalam Focus Discussion Grup (FGD) Kesehatan Ikan di aula Dislutkan Provinsi Kalsel, di Banjarbaru, Selasa (25/9), kini harga ikan haruan kembali naik di kisaran harga Rp 80 ribu sampai Rp 90 ribu per kilogramnya.

"Artinya sosialisasi kita melalui penyuluh bahwa makan ikan itu bagus berjalan baik, dan ini kita pastikan lagi juga dengan FGD bahwa Ikan Haruan Kalsel aman dikonsumsi," terangnya.

Akibat adanya Ikan Haruan mengandung cacing terang Syaiful pihaknya harus mengirim sampel ikan yang diketahui bercacing untuk dianalisa oleh kedokteran hewan di Yogyakarta.

Baca: Ada yang Ingin Ruben Onsu Meninggal Kata Cenayang Ini Gara-gara Postingan Pengalaman Mistis

Namun hasilnya juga menyatakan bahwa ikan haruan aman dikonsumsi manusia tanpa membawa dampak buruk bagi manusia jika dikonsumsi secara benar.

Kegiatan yang dimoderatori Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu (BKIPM) Kelas II, Sokhib ini juga mengundang ketua bagian patologi Fakultas Kedokteran Hewan UGM, Prof Kurniasih.

Disebutkannya, kasus ikan haruan mengandung cacing bukan kasus baru di Indonesia.

Halaman
12
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help