B Focus Banua Anam

Penyakit ini Paling Banyak Diderita warga Desa yang Tinggal di Sekitar Rawa

PELAKSANA Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan HSU, dr Agus Fidliansyah mengatakan, fasilitas kesehatan di Kecamatan Paminggir

Penyakit ini Paling Banyak Diderita warga Desa yang Tinggal di Sekitar Rawa
BPost Cetak
bpost

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - PELAKSANA Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan HSU, dr Agus Fidliansyah mengatakan, fasilitas kesehatan di Kecamatan Paminggir memang masih perlu terus ditingkatkan.

Dinas Kesehatan HSU diakuinya, juga berupaya melalui program yang dijalankan langsung kepada masyarakat seperti Pusling.

Sebab, di daerah rawa hanya bisa menggunakan transportasi air dan biayanya cukup besar.

Baca: Mendaftar CPNS 2018 di Link Sscn.bkn.go.id Pakai HP, BKN Ingatkan Pelamar Pendaftaran CPNS 2018

“Kami menyediakan anggaran untuk transportasi sekaligus untuk tenaga kesehatan lebih besar dari Puskesmas lain yang mudah dijangkau,” ujarnya.

Satu kali Pusling bisa menghabiskan bahan bakar sekitar Rp 400.000 dan hal ini juga telah dipersiapkan secara ketersediaan anggaran.

Baca: Tata Cara Registrasi & Alur Mendaftar CPNS, Link sscn.bkn.go.id, Pendaftaran CPNS 2018 di Sini!

Setiap desa juga diminta untuk kerja sama dengan menyediakan ambulans desa dalam bentuk perahu bermotor, sehingga jika ada warga yang perlu penanganan cepat bisa langsung dibawa ke Puskesmas atau dirujuk ke Puskesmas Danau Panggang yang telah memiliki rawat inap.

“Untuk pendistribusian obat-obatan, juga tidak ada kendala, secara rutin mendapatkan pasokan obat-obatan dan peralatan kesehatan lainnya,” ujarnya.

Baca: Formasi Kemenag di CPNS 2018, Paling Banyak Guru yang Dicari, Detailnya Klik Link Berikut

Agus menegaskan, warga Kecamatan Paminggir masih perlu meningkatkan kesadaran hidup sehat seperti sanitasi dan penggunaan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Banyaknya air yang ada di sekitar tempat tinggal, warga masih sangat dan lebih senang mandi atau mencuci peralatan masak ataupun MCK menggunakan air rawa, walaupun air bersih sudah tersedia.

“Paling banyak penyakit adalah yang berhubungan dengan kebersihan seperti penyakit kulit dan pencernaan. Sedangkan untuk penyakit tidak menular seperti hipertensi juga ada,” ucapnya.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help