Berita Kalteng

Ratusan Desa di Kalteng Ternyata Masih Andalkan Listrik Swadaya

Informasi terhimpun dari pertemuan antara PLN Kalselteng dan pihak Pemerintah Provinsi Kalteng, beberapa waktu lalu

Ratusan Desa di Kalteng Ternyata Masih Andalkan Listrik Swadaya
faturahman
PLTS juga dipakai untuk pembangkit listrik pada Lampu Lalulintas, agar lalulintas tidak terganggu, saat listrik PLN padam seperti yang tampak di Simpang Jalan Rajawali -Badak Palangkaraya ini. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Provinsi Kalimantan Tengah masih banyak yang belum teraliri listrik terutama sambungan dari PT PLN. Namun begitu, PLN secara bertahap melakukan penyambungan tersebut.

Informasi terhimpun dari pertemuan antara PLN Kalselteng dan pihak Pemerintah Provinsi Kalteng, beberapa waktu lalu terungkap masih ada ratusan desa di Kalteng yang belum teraliri listrik dari PLN, lantaran lokasinya yang belum ada infratruktur atau akses jalannya.

Dalam pertemuan tersebut, terungkap ada sekitar 200 desa di Kalteng yang belum teraliri listrik oleh PLN, karena jaringan PLN memang belum masuk hingga ke pelosok."Ya, memang masih banyak desa yang belum masuk jaringan PLN tetapi disiasati dengan pengadaan PLTS untuk mereka hingga nantinya, " ujar Sekdaprov Kalteng, Fahrizal Fitri.

Baca: Mendaftar CPNS 2018 di Link Sscn.bkn.go.id Pakai HP, BKN Ingatkan Pelamar Pendaftaran CPNS 2018

Dikatakan, pengadaan PLTS untuk warga yang belum terjamah listrik tersebut merupakan satu solusi yang dilakukan agar penduduk yang tinggal di daerah pelosok tetap mendapatkan penerangan. "Program itu tetap jalan hingga nantinya semua tuntas ada jaringan listriknya dari PLN," ujar Fahrizal, Rabu (26/9/2018).

Baca: Buruan Daftar di Link Sscn.bkn.go.id CPNS 2018, Tak Perlu Tergesa-gesa Batasnya 10 Oktober 2018

Sementara itu, keterangan yang diungkapkan oleh GM PLN , Sudirman, dalam pertemuan tersebut, PLN akan secara bertahap melakukan pemasangan jaringan listrik hingga ke pelosok Kalteng meskipun saat ini memang masih banyak desa yang belum menikmati listrik PLN.

Sudirman mengatakan , pihaknya akan terus membangun infrastruktur listrik hingga kepelosok namun secara bertahap."
Pembangunan terus dilakukan hingga tahun 2021 mendatang, diharapkan semua tuntas,"ujarnya.

(www.banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved