Berita Banjarbaru

Saat Syahrifullah Kunjungi BP3TKI Ada Sesuatu Hal yang Terungkap, ini Penjelasannya

Kepala Kantor Imigrasi Banjarmasin Syahrifullah mengunjungi Balai Pelayanan Penempatan Dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia

Saat Syahrifullah Kunjungi BP3TKI Ada Sesuatu Hal yang Terungkap, ini Penjelasannya
Kantor Imigrasi Banjarmasin untuk bpost online
Kepala Kantor Imigrasi Banjarmasin Syahrifullah mengunjungi Balai Pelayanan Penempatan Dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) di Kota Banjarbaru, Rabu, (26/09/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kepala Kantor Imigrasi Banjarmasin Syahrifullah mengunjungi Balai Pelayanan Penempatan Dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) di Kota Banjarbaru, Rabu, (26/09/2018).

Ini setelah dikeluarkannya Surat Edaran Direktorat Jenderal Imigrasi Nomor IMI-0277.GR.02.06 Tahun 2017 tentang Pencegahan Tenaga Kerja Indonesia Non-Prosedural.

Edaran yang dibuat ini merupakan respons terhadap semakin maraknya TKI Non-Prosedural.

Baca: Bintang Stand Up Comedy Mudy Taylor Ditangkap Karena Kasus Narkoba, Sang Bunda Bilang Begini

Baca: Gagal Mendaftar di Link sscn.bkn.go.id? Perhatikan 7 Hal Penting Sebelum Pendaftaran CPNS 2018

Baca: Debut Sebagai Yanti Nasution di Film Pengkhiatan G30S PKI, ini Kabar Terbaru Silvana Herman

"Makin maraknya TKI Non-Prosedural serta tidak adanya izin resmi akan mempersulit kami dalam penanganannya, kelengkapan persyaratan paspor yang diajukan pemohon paspor TKI yang salah satu persyaratanya adalah Surat Rekomendasi dari BNP3TKI," ucap Syahrifullah.

Banyaknya permohonan paspor di Kantor Imigrasi Banjarmasin dan Unit Pelayanan Paspor (ULP) di Barabai terutama untuk keperluan Umrah, banyak sekali temuan Keabsahan Dokumen Persyaratan Paspor yang diragukan terutama di Unit Layanan Paspor Barabai, persyaratan paspor tambahan seperti Rekomendasi Kemenag dan Surat Jaminan Biro Travel Umrah itu discan, sehingga diharapkan hal ini tidak demikian dengan BNP3TKI.

"Kalau Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin sudah dialihstatuskan menjadi Bandara Internasional kita harus bahu-membahu, bekerjasama dengan intansi terkait, kalau bisa nanti kita buat Nota Kesepahaman (MOU) bersama Imigrasi Banjarmasin dengan BNP3TKI untuk mencegah TKI Non-Prosedural dalam mengantisipasi perlintasan orang masuk keluar melalui bandara nantinya," tegas Syahrifullah.

Kepala Balai BNP3TKI Amanullah mengatakan tidak bisa sepenuhnya mencegah pemohon paspor karena itu merupakan kewenangan dari Imigrasi Banjarmasin.

"Tapi kita seharusnya saling bersinergisitas antara Imigrasi, Dinas Tenaga Kerja dan Kementerian Agama serta intansi terkait guna untuk meminimalisir permohonan paspor TKI Non-Prosedural, Namun apabila Ada pemohon paspor yang melampirkan persayaratan paspor atau dokumen lain yang diminta pihak imigrasi akan tetapi keabsahannya masih diragukan harus dilakukan pengecekan lapangan terhadap berkas tersebut," katanya.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help