Berita Banjarmasin

Total 3.097,8 Hektare Lahan di Kalsel Terbakar, KH Syamsunie Terus Pakai Masker Saat Mengajar

Kabut asap yang muncul pada Rabu diduga kuat akibat banyaknya titik kebakaran lahan yang terjadi pada Selasa (26/9/2018).

Total 3.097,8 Hektare Lahan di Kalsel Terbakar, KH Syamsunie Terus Pakai Masker Saat Mengajar
capture/BPost Edisi cetak
Harian Banjarmasin Post Edisi Kamis (27/9/2018) Halaman 9 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Falah Putera, KH Syamsunie tampak tak sehat saat mengajar, Rabu (26/7/2018). Dia terus mengenakan masker. Bahkan dia juga tak henti-hentinya batuk.

Hingga siang, kabut asap masih terasa dan menyeruak hidung. Apalagi pagi, kabut asap masuk ruang kelas dan situasi ini begitu mengganggu aktivitas dia dan para santri. Terlihat para santri menggunakan masker karena tak tahan dengan asap. "Iya ini aduh lagi kurang sehat, kabut asapnya begitu mengganggu," ucap KH Syamsunie sambil batuk-batuk.

Kabut asap yang muncul pada Rabu diduga kuat akibat banyaknya titik kebakaran lahan yang terjadi pada Selasa (26/9/2018). Juga asap kiriman dari kebakaran lahan Selasa siang di Jalan Ahmad Yani KM 15, Kabupaten Banjar.

Bahkan saat terjadi kebakaran lahan, saat itu karena jaraknya hanya beberapa meter dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 10 Kabupaten Banjar, maka ratusan siswa sekolah tersebut dipulangkan sebelum berakhirnya jam sekolah.

Baca: Dana BOS Rp 33 Miliar Belum Cair, Guru dI Batola Utang ATK, Begini Penjelasan Kepala Disdibud Kalsel

Baca: Dana BOS Rp 33 Miliar di Batola Belum Cair, Kepsek Terpaksa Utang ATK dan Rapel Insentif Honorer

Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjarbaru Nizami Syarief mengatakan dari data yang ada, Pusdalops BPBD Provinsi Kalimantan Selatan, jumlah titik hotspot di Provinsi Kalimantan Selatan, dengan tingkat kepercayaan lebih 75 persen dari 1 Mei – 25 September 2018 berjumlah 569 titik hotspot.

"Rekapitulasi luas lahan terbakar di Kab/Kota se-Kalsel 1 Januari – 25 September 2018 berjumlah 690 kali kejadian , di Banjarbaru 544,52 Hektare," katanya.

Hingga kini prakiraan tingkat kemudahan terjadinya Kebakaran di Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan secara umum dalam kategori Sangat Mudah Terbakar. Hingga 25 September total keseluruhan luas lahan terbakar di Kalsel 3.097,8 Hektare.

Selasa di Banjarbaru, kebakaran lahan di Komplek Bumi Megah Wengga, Guntung Manggis dengan luas lahan yang terbakar sekitar 1 Hektare. Kemudian api juga bakar lahan di Embung Guntung Damar, Landasan Ulin. Paling banyak di Gambut Kabupaten Banjar Selasa itu, seluas empat hektar. Ditambah kebakaran lahan juga di Tatah Makmur.

Baca: Tak Perlu Ubah Data Daftar CPNS 2018 di Sscn.bkn.go.id, BKN Hanya Perlu No Induk & Bisa Diakses

Baca: CPNS 2018, Bandi-Ayu Kaget Status Masih Aktif Kuliah, Server Forlap Kemenristekditi tak Bisa Diakses

Tidak hanya di Banjarbaru dan kabupaten Banjar, Selasa itu juga kebakaran lahan ada di Tapin, luas lahan begitu luas yakni 65 hektare persisnya di Desa Pematang Karangan Hilir. Kemudian di Hulu Sungai Selatan seluas lima hektar di kecamatan sungai raya.

Di Balangan pada Selasa itu juga terjadi kebakaran lahan di Desa Sumber Rejeki (Desa 6), Kecamatan Juai dengan luas lahan yang terbakar 15 Hektare. Kemudian di Pulau Haniung, Kecamatan Batumandi 20 Hektare.

Di Desa Haur Gading, Batang Alai Utara, HST juga 5 Hektare terbakar. Di Kabupaten Tanah Laut di Desa Kayu Habang dan di Desa Handil Gayam 1 Hektare terbakar. Kemudian di Desa Kintap dan Desa Panjaratan. Kabupaten Batola, api meluas bakar lahan seluas 17 hektare di Desa Sampurna, Kecamatan Jejangkit.

Pada Rabu (26/9). Kebakaran lahan mendekati SLBN Kota Banjarbaru dan SDN 5 Guntung Manggis. Luasan 250 meter persegi, terlibat Tim BPBD Kota Banjarbaru, UPT DAMKAR Banjarbaru, TNI Kodim 1006, Polres Banjarbaru menanganinya. (kur)

Data Lahan Terbakardi Kalsel:
* Berjumlah 690 kali kejadian :
* Banjarmasin : 0,56 Ha
* Banjarbaru : 544,52 Ha
* Banjar : 736 Ha
* Barito Kuala : 94,8 Ha
* Tapin : 614,15 Ha
* Hulu Sungai Selatan : 191,05 Ha
* Hulu Sungai Tengah : 83,8 Ha
* Hulu Sungai Utara : 96 Ha
* Balangan : 234 Ha
* Tabalong : 51,5 Ha
* Tanah Laut : 326,02 Ha
* Tanah Bumbu : 59 Ha
* Kotabaru : 66,4 Ha

Sumber: Pusdalops BPBD Provinsi Kalimantan Selatan

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved