Gempa Donggala

Basarnas dan Sejumlah Relawan Kalsel Berangkat ke Lokasi Gempa di Donggala dan Tsunami Palu Sulteng

Gempa bumi yang mengguncang Donggala dan tsunami di Palu Provinsi Sulawesi Tengah menggugah simpati seluruh pihak.

Basarnas dan Sejumlah Relawan Kalsel Berangkat ke Lokasi Gempa di Donggala dan Tsunami Palu Sulteng
Istimewa via Tribun Timur
BMKG Pastikan Tsunami 2 Meter Melanda Palu dan Donggala 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Gempa bumi yang mengguncang Donggala dan tsunami di Palu Provinsi Sulawesi Tengah menggugah simpati seluruh pihak.

Karena itulah Kantor Pencarian dan Pertolongan (Search and Rescue/ SAR) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menurunkan personel berikut peralatan untuk membantu korban gempa bumi dan tsunami di Palu, Provinsi Sulawesi Tengah.

Kepala Kantor SAR Banjarmasin Mujiono mengatakan, personel dan peralatan sudah diberangkatkan menggunakan Kapal Negara (KN) SAR Laksmana hari Sabtu (29/9/2018) pukul 02.47 WITA.

"Personel dan peralatan bergerak Sabtu dini hari menggunakan Kapal Negara (KN) SAR Laksmana dari Dermaga SAR Basirih Banjarmasin ke Kotabaru dan menuju Dermaga Pantoloan, Palu," ujarnya di Banjarbaru, Kalsel.

Baca: Jadwal & Prediksi Real Madrid vs Atletico Madrid Liga Spanyol 2018, Motivasi Lopetegui Menangi Laga

Baca: Link Live Streaming Korea Open 2018, Semifinal Sabtu (29/9) Jonatan Christie vs Tommy Sugiarto

Baca: BKN Ungkapkan Cara Daftar CPNS 2018 Via sscn.bkn.go.id Tanpa Lemot, 111.294 Akun Berhasil

Personel dan peralatan pendukung yang dikirimkan diperkirakan akan sandar di Dermaga Pantoloan sekitar 26-28 jam sejak keberangkatan dengan kecepatan kapal 20-25 knot.

Jumlah personel yang dilibatkan dalam operasi di KN SAR Laksmana sebanyak 44 orang terdiri atas personel Rescue kantor SAR Banjarmasin 16 orang, anak buah kapal KN SAR Laksmana 11 orang.

Personel dari Balakar Banjarmasin dua orang, Rescue 911 ada delapan orang, Tagana Kalsel dua orang dan PMI Banjarbaru, Senkom Sampit, Tagana dan PMI Tabalong, Balakar Saijaaan masing-masing satu orang.

Sementara, alat utama dan sarana diturunkan yakni KN SAR Laksmana, sepeda motor dua unit dan peralatan masing-masing satu set ekstrikasi, vertical, komunikasi, navigasi, satu ponsel satelit dan lampu darurat.

"Personel akan bergabung dengan tim SAR lainnya di Kota Palu maupun sekitarnya. Mereka bertugas sampai batas waktu yang belum ditentukan dengan fokus mencari dan menolong korban," ujarnya.

Dikatakan, tahap pertama sesuai prosedur, personel dilibatkan selama tujuh hari dan jika banyak korban yang harus dicari dan memerlukan pertolongan maka waktu ditambah tiga hari berikutnya.

Baca: Warga Lihat Banyak Mayat Berserakan di Pantai Dampak Tsunami dan Gempa Bumi di Donggala Sulteng

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga Inggris Pekan 7 Live RCTI & MNC TV : Chelsea vs Liverpool

"Kami masih belum mengetahui pertolongan seperti apa yang akan diberikan, tetapi yang jelas seluruh personel bekerja maksimal dan tidak akan berhenti menolong korban yang ditemukan," katanya.

Gempa bumi dan tsunami melanda Kota Donggala dan Palu dan sekitarnya di Provinsi Sulawesi Tenggara, Jumat sekitar pukul 17.00 WIB dan menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan bangunan.

Belum diketahui pasti jumlah korban jiwa akibat gempa bumi berkekuatan 7,4 Skala Richter yang mengguncangkan Palu dengan pusat gempa sedalam 10 kilometer di Timur Laut Donggala itu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gunakan Kapal, SAR Banjarmasin Kirim Personel dan Peralatan ke Palu"

Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved