Berita Hulu Sungai Utara

Sulitnya Panen dengan Alat Manual, Petani HSU Harapkan Bantuan Ini

Pasalnya beberapa petani masih melakukan panen dengan cara manual tanpa bantuan alat pertanian.

Sulitnya Panen dengan Alat Manual, Petani HSU Harapkan Bantuan Ini
reni kurnia wati
Sebagian petani di Kabupaten Hulu Sungai Utara panen menggunakan alat manual. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Sebagian petani di Kabupaten Hulu Sungai Utara saat ini telah memasuki masa panen, para petani berharap bisa memanen seluruh hasil pertanian sebelum musim penghujan.

Pasalnya beberapa petani masih melakukan panen dengan cara manual tanpa bantuan alat pertanian.

Seperti yang dialami Hamsyah salah satu petani di Desa Pasar Senin yang saat ini sudah mulai panen padi dengan cara manual menggunakan alat semacam arit kecil. Hamsyah dibantu istri dan anaknya memanen padi yang cukup luas. Perlu waktu berminnggu minggu untuk menyelesaikan seluruh padi yang ditanamnya.

Baca: Hasil Semifinal Korea Open 2018: Kalahkan Jonatan Christie, Tommy Sugiarto Lawan Taiwan di Final

Dirinya berharap ada bantuan mesin combine harvester medium atau alat untuk panen padi agar proses pemanenan lebih cepat. "Selain waktu yang lama, memanen dengan cara manual memerlukan banyak tenaga, apalagi saat musim panen buruh yang biasa membantu memanen banyak dipakai oleh petani lain," ungkapnya.

Hamsyah bersyukur tahun ini musimbkemarah cukup lama sehingga perkiraan panen akan selesai sebelum musimbpenghujan tiba. Dirinya mengatakan saat ini regenerasi petani sudah sangat menurun. Semakin sulit mencari buruh tani yang bisa membantu memanen atau mengangkut barang.

Baca: Perempuan Penyadap di Sungai Loban Gantung Diri di Pohon Karet, Kisah Anaknya Mengharukan

Terpisah Purna Kusumayana penyuluh pertanian Dinas Peternakan dan Perikanan HSU mengatakan pihaknya saat ini tengah membantu menyiapkan proses pengusulan untuk mendapatkan bantuan mesin tersebut.

Purna juga secara rutin mebgunjungi petani untuk mengetahuibperkembangan penanaman padi. Jika petani membutuhkan bantuan untuk mengatasi kendala dalam penanaman pihaknya selalu sedia membantu memberikan solusi.

Baca: Berang Diberitakan Terlibat Pemerkosaan, Cristiano Ronaldo Tuntut Majalah Jerman

Seperti saat banyaknya hama wereng yang memerlukan penyemprotan, membantu mencari bibit unnggul untuk para petani. "kami juga berupaya untuk membantu petani untuk mendpatkan bantuan mesin pertanian baik dari pemerintah daerah, provinsi atau pusat," ungkapnya.

Sebelumnya petani Desa Pasar Senin Kecamatan Amuntai Tengah telah mendapatkan alat mesin traktor, combine harvester mini, pompa air dan handsprayer. (Nia)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved