Berita Regional

Apa Itu Zat Benzo? Minuman Berenergi yang Bikin 56 Siswa Nekat Sayat Tangan

Berikut 9 fakta kasus 56 siswa SMP sayat tangan usai minuman berenergi mengandung zat benzo

Apa Itu Zat Benzo? Minuman Berenergi yang Bikin 56 Siswa Nekat Sayat Tangan
banjarmasinpost.co.id/tribunnews.com
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PEKANBARU - Minuman berenergi yang diduga mengandung zat benzo dan dikonsumsi 56 siswa SMP yang sayat tangan, diketahui dijual bebas di pasaran.

Berikut 9 fakta kasus 56 siswa SMP sayat tangan usai minuman berenergi mengandung zat benzo:

1. Apa Itu Zat Benzo?

Dilansir Wikipedia, Benzodiazepin adalah jenis obat yang memiliki efek sedatif atau menenangkan. Benzodiazepin diresepkan bagi mereka yang cemas atau tertekan dan dapat digunakan dalam pengobatan jangka pendek pada beberapa masalah tidur tertentu. Obat tersebut dapat diresepkan oleh dokter untuk mengobati orang yang mengalami mania. Kebanyakan benzodiazepin berbentuk tablet.

Baca: Fakta Baru Tewasnya Anggota The Jak Mania Haringga Sirla, PSSI Masih Tutup Mulut

Namun, di rumah sakit, benzodiazepin dapat diberikan dengan disuntikkan kepada pasien. Benzodiazepin meningkatkan efek zat kimia alami dalam otak kemudian mengakibatkan pasien merasa lebih tenang.

Peresepan obat-obat golongan benzodiazepin umumnya sudah semakin berkurang. Dalam penatalaksanaan ansietas (kepanikan), pemberian obat tersebut biasanya berlangsung selama empat minggu.

Obat golongan benzodazepin yang bekerja lama seperti diazepam umumnya dipakai untuk mengatasi ansietas (kepanikan). Sedangkan golongan benzodiazepin yang bekerja lebih singkat seperti temazepam umumnya digunakan sebagai preparat hipnotik.

Baca: Link sscn.bkn.go.id Sudah Diupgrade, Solusi Sulit Login & Registrasi di Situs Pendaftaran CPNS 2018

2. Harganya terjangkau

Kepala Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Pekanbaru, Kombes Pol Sukito saat dikonfirmasi Tribunpekanbaru.com, mengatakan, minuman berenergi ini harga perkemasanya sangat terjangkau.

Maka tidak heran jika anak-anak sekolah pun mampu untuk membelinya.

Halaman
1234
Editor: Didik Trio
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved