Pilpres 2019

Bawaslu: Jokowi Boleh Gunakan Pesawat Kepresidenan Saat Kampanye, Ini Aturannya

Sebab, kata Fritz, hal itu tercantum dalam Peraturan Pemerintah yang mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum

Bawaslu: Jokowi Boleh Gunakan Pesawat Kepresidenan Saat Kampanye, Ini Aturannya
SETPRES/LAILY
ilustrasi. Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara saat akan memasuki pesawat kepresidenan di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta untuk bertolak menuju Antalya Turki menghadiri pertemuan G20, Sabtu (14/11/2015). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Fritz Edward Siregar menyatakan, Presiden Joko Widodo diperbolehkan menggunakan pesawat kepresidenan saat berkampanye.

Sebab, kata Fritz, hal itu tercantum dalam Peraturan Pemerintah yang mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang Kampanye.

"Karena ada peraturan pemerintahnya. Ada peraturan pemerintahnya tapi saya lupa. Karena baru dikeluarkan beberapa hari sebelum kampanye," kata Fritz saat ditemui di Menteng, Jakarta, Minggu (30/9/2018).

Baca: Hotel Roa Roa Rata dengan Tanah, Puluhan Tamu Diperkirakan Terjebak

Fritz menjelaskan, penggunaan pesawat kepresidenan saat kampanye sempat memunculkan polemik dalam rapat penyusunan PKPU Kampanye bersama Komisi II DPR.

Akhirnya hal itu diserahkan kepada pemerintah untuk membuat ketentuannya dalam Peraturan Pemerintah. Fritz pun menilai wajar diperbolehkannya Jokowi menggunakan pesawat kepresidenan saat kampanye lantaran status Presiden tidak hilang saat ia berkampanye sebagai capres.

Baca: Warga Barabai Timur Gelar Tolak Bala Sambil Percikan Air Doa, Ini Harapan yang Terucap

"Karena Presiden bagaimanapun capres 01 tetap adalah seorang Presiden yang memiliki hak untuk kesehatan dan keamanan. Dan dari faktor keamanan, bahwa kenapa ada pesawat kepresidenan? Karena bukan hanya ada faktor kenyamanan tapi juga ada faktor keamanan," ujar Fritz.

"Sebagai seorang Presiden, konstitusi yang melekat pada seorang Presiden. Di Peraturan Pemerintahnya diperbolehkan. Mohon maaf saya juga lupa tapi itu ada," ujar dia.

Baca: UPDATE! Jumlah Pendaftar CPNS 2018 Resmi SSCN BKN Minggu, Jakarta, Surabaya, Bandung BJM

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help