Berita Olahraga

Penyusunan Buku Sejarah Perkembangan Keolahrgaaan Kalsel, Tim Penyusun Libatkan Sosok ini

Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Forum Group Discussion (FGD) Penyusunan Buku Sejarah

Penyusunan Buku Sejarah Perkembangan Keolahrgaaan Kalsel, Tim Penyusun Libatkan Sosok ini
banjarmasinpost.co.id/mariana
Suasana Forum Group Discussion (FGD) Penyusunan Buku Sejarah Perkembangan Keolahragaan di Kalimantan Selatan (Kalsel), Bertema Menyusun Perjalanan Olahraga Sebagai Kebanggaan Daerah, di Gsign Hotel, Banjarmasin, Selasa (2/10/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Forum Group Discussion (FGD) Penyusunan Buku Sejarah Perkembangan Keolahragaan Kalsel, di Gsign Hotel, Banjarmasin, Selasa (2/10/2018).

Buku tersebut memiliki tema "Menyusun Perjalanan Olahraga Sebagai Kebanggaan Daerah". Proses penyusunan buku dimulai sejak awal tahun 2018 lalu.

Selain dari Dispora, tim penyusun buku melibatkan dua akademisi dan pakar sejarah olahraga yang berasal dari Kalimantan Tengah (Kalteng) yakni Prof Rusli Lutan dan Prof Malkianus Paul (MP) Lambut.

Baca: Ini Sanksi Komdis PSSI untuk Pengeroyok Anggota The Jakmania Hingga Tewas Jelang Persib vs Persija

Prof Rusli Lutan merupakan Guru besar Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), sedangkan Prof MP Lambut adalah Guru Besar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin.

Kepala Dispora Kalsel, Zakly Asswan menuturkan, tujuan pembuatan buku ini terinspirasi dari pesan yang tersirat disampaikan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau Paman Birin.

Baca: Reaksi Bobotoh Soal Sanksi ke Persib Bandung Imbas Tewasnya Anggota The Jakmania, Persib vs Persija

"Paman Birin mengatakan apa yang bisa diperbuat untuk anak cucu kita, mari kita menanam untuk anak cucu, tentu makna menanam ini tidak hanya menanam pohon atau bercocok tanam, tapi dalam makna yang luas yakni memberikan sumbangsih untuk kemajuan daerah," jelas Zakly kepada Banjarmasinpost.co.id.

Adanya buku ini, dia mengharapkan agar anak-anak generasi muda di Kalsel menjadi melek terhadap sejarah olahraga di Kalsel.

Baca: Hadapi PS Mojokerto Putra, Qischil Termotivasi Gol Tahun Lalu

"Kalsel banyak melahirkan atlet-atlet dan para pejuang olahraga di masa lampau. Anak-anak perlu mendapat informasi demikian, siapa tahu kakek atau datuknya pernah menjuarai suatu turnamen olahraga sedangkan dia belum mengetahui," imbuhnya.

Selain sosok narasumber yang berkompeten, Zakly juga meminta saran dan masukan serta informasi dari ara jurnalis olahraga demi memperlengkap informasi dan menyukseskan penyusunan buku tersebut.

(Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved